Home / Sumut / Lapas Panyabungan Perketat Pengunjung Antisipasi Penyebaran Covid-19

Lapas Panyabungan Perketat Pengunjung Antisipasi Penyebaran Covid-19

Foto:LintasMedan/Irwan Arifianto

Madina, 15/10 (LintasMedan) – Menghindari Penyebaran Covid-19 di lingkungan (Lembaga Pemasyarakatan) Lapas IIB Panyabungan, pengawasan dan penjagaan pintu masuk pun diperketat untuk para pengunjung.

Pantauan lintasmedan.com, pintu masuk selalu tertutup dan hanya beberapa pengunjung saja yang diizinkan masuk menitipkan barang itupun melalui proses protokol kesehatan, selebihnya harus mengantri di luar di tempat yang telah disediakan. Tak luput awak media yang ingin masuk juga tetap harus melalui prosedur.

“Ini kita lakukan agar warga binaan di lapas aman dari penularan virus. Kita melakukan larangan berkunjung dan yang diperbolehkan hanya menitipkan barang dengan protokol kesehatan namun ada hal yang terkait dari sisi kemanusiaan,” sebut Kepala Lapas Kelas IIB Panyabungan, Indra Kesuma, Kamis (15/10), sembari menerangkan, penanganan bermula dari pintu masuk merupakan kebijakan yang tepat. 

Sementara di dalam Lapas, dr Muannah bagian kesehatan mengatakan karena belum ada indikasi ditemukan di Lapas, pihaknya belum melakukan swap terhadap para napi namun untuk cek kesehatan rutin dilakukan.

“2 kali seminggu kita menyemprotkan disinfektan ke seluruh ruangan. Sosialisasi juga kita lakukan kalau ada batuk dan pilek segera dilaporkan. Kita buka 24 jam,” sebut dr Muannah.

Masih Muannah, dua Minggu lalu ditemukan seorang pegawai yang reaktif setelah melakukan pemeriksaan rapid test. Dan pihaknya langsung melakukan tindakan terhadap orang yang kontak erat terhadap pegawai tersebut, hasilnya non reaktif.

Mengenai obat – obatan, Ia menyebut mendapat pasokan dari Pemerintah Daerah setempat.(LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey