Home / Sumut / Masalah Klasik, Napi Narkoba Pemicu Lapas Over Kapasitas

Masalah Klasik, Napi Narkoba Pemicu Lapas Over Kapasitas

Foto:LintasMedan/ist

Madina, 13/10 (LintasMedan) – Masalah klasik, banyaknya narapidana kasus narkotika seakan pemicu Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Panyabungan, Mandailing Natal (Madina) over kapasitas.

Saat ini penghuni Lapas Kelas IIB Panyabungan berjumlah 488 orang dengan kapasitas 192 orang. Dari jumlah tersebut 390 orang merupakan narapidana kasus narkotika.

“Hal ini sudah menjadi perhatian kementerian. Untuk mendirikan UPT dengan kapasitas 1000 orang minimal 1 Triliun, darimana anggarannya. Tapi itulah kenyataannya,” ujar Indra Kesuma Kalapas Panyabungan, Senin (12/10).

“Tidak hanya Lapas Kelas IIB Panyabungan saja yang over kapasitas, semua UPT di seluruh Indonesia juga demikian dan sudah menjadi masalah klasik,” sambungnya.

Indra menyebutkan dengan kondisi itu tidak menjadi alasan untuk toleran terhadap hal – hal pelanggaran. Upaya memaksimalkan SDM dan pembinaan para napi tetap terus dilakukan.

Untuk menghindari berbagai penyeludupan atas barang – barang terlarang tidak masuk ke Lapas, Indra mengatakan pihaknya selalu melakukan pengawasan ketat.

Sisi lain, dengan keadaan yang ada saat ini, Indra juga berupaya semaksimal mungkin menciptakan rasa kenyamanan di dalam Lapas termasuk juga dengan pembinaan para napi mengambil konsep seperti di pesantren.(LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey