Home / Headline / Pemko Dukung Rencana Penataan Permukiman Wilayah Utara Medan

Pemko Dukung Rencana Penataan Permukiman Wilayah Utara Medan

Penjabat Sementara Wali Kota Medan Arief Sudarto Trinugroho (kiri) disaksikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (kanan), menyampaikan paparan dalam rapat Penataan Kualitas Kawasan Permukiman Utara Medan Mendukung Wisata Bahari, di rumah dinas gubernur Sumut Jalan Jenderal Sudirman Medan, Jumat (23/10). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 23/10 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan mendukung rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) melakukan penataan kawasan permukiman di wilayah utara Kota Medan guna mendukung program pembangunan wisata bahari.

“Kita sangat menyambut baik dan mendukung penataan wilayah utara Kota Medan yang akan dilakukan Pemprov Sumut dan akan dikoordinir langsung oleh Bapak Gubernur Sumut,” kata Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Medan Arief Sudarto Trinugroho di Medan, Jumat (23/10).

Arief mengungkapkan hal tersebut ketika menghadiri rapat Penataan Kualitas Kawasan Permukiman Utara Medan Mendukung Wisata Bahari di rumah dinas gubernur Sumut Jalan Jenderal Sudirman Medan.

Menurut dia, rencana Pemprov Sumut tersebut sejalan dengan konsep yang telah dirancang oleh Pemko Medan untuk menjadikan kawasan utara Medan menjadi lebih baik dan dapat dinikmati masyarakat.

“Konsep yang kita miliki itu akan disinkronkan dengan penataan kawasan yang akan dilakukan Pemerintah Provinsi Sumut. Kita harapkan penataan yang dilakukan nanti akan menjadikan kawasan utara Medan lebih maju lagi,” kata dia.

Ia memaparkan, rencana penataan wilayah utara Kota Medan harus mencakup penataan ekosistem di wilayah timur dan barat yang berbatasan dengan Kabupaten Deli Serdang.

Menurutnya, banyak fungsi lindung yang berbatasan dengan Deli Serdang perlu ditata secara lebih baik untuk mengeliminir dampak yang terjadi selama ini, salah satunya banjir rob atau air pasang laut.

“Sedangkan yang menjadi kewewenangan Pemko Medan tentunya akan kita tangani. Setelah ekosistem ditangani, barulah kita kembangkan pariwisatanya,” ujar Arief.

Rapat tersebut turut dihadiri para pimpinan organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan, antara lain Kadis Perumahan Kawasan Pemukiman dan Penataan Ruang (PPKPR) Benny Iskandar, Kadis Pekerjaan Umum (PU) Zulfansyah Ali Saputra, Kadis Pariwisata Agus Suriyono serta Camat Medan Belawan Ahmad.

Sebelumnya, Gubsu Edy Rahmayadi mengatakan bahwa rapat tersebut dimaksudkan untuk merumuskan langkah-langkah apa yang dilakukan guna menata kawasan utara Medan, terutama Belawan sehingga menjadi kawasan yang nyaman sekaligus mendukung wisata bahari.

Dihadapan seluruh peserta rapat, ia minta para peserta rapat dapat menyampaikan masukan untuk selanjutnya dibentuk master plan dan grand design utara Medan.

“Saya ingin Januari 2021, penataan kawasan utara Medan sudah mulai dilakukan,” ujarnya. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey