Home / Medan / Pjs Wali Kota Medan Instruksikan OPD Maksimalkan Penataan Ruang Publik

Pjs Wali Kota Medan Instruksikan OPD Maksimalkan Penataan Ruang Publik

Pejabat sementara Wali Kota Medan Arief Sudarto Trinugroho (kiri) saat memimpin rapat penataan dan penertiban Taman Ahmad Yani Medan bersama dengan sejumlah pimpinan OPD terkait, di Medan, Senin (19/10). (Foto: LintasMedan/Humas)

Medan, 19/10 (LintasMedan) – Pejabat sementara Wali Kota Medan Arief Sudarto Trinugroho menginstruksikan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait memaksimalkan penataan ruang publik di kota itu agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berolahraga.

“Pada masa pandemi COVID-19 saat ini semangat masyarakat untuk berolahraga semakin meningkat, khususnya lagi diwaktu hari libur,” kata di Medan, Senin (19/10).

Arief menyampaikan hal tersebut saat memimpin rapat penataan dan penertiban Taman Ahmad Yani Medan bersama dengan sejumlah pimpinan OPD terkait.

Ia juga berharap taman-taman yang ada di Kota Medan semakin nyaman digunakan oleh masyarakat untuk beraktifitas khususnya olahraga.

Disebutkannya, Taman Ahmad Yani Medan yang terletak dijalan Jenderal Sudirman saat ini sering disalah gunakan oleh sejumlah pihak seperti pedagang kaki lima yang berjualan dan malam harinya menjadi tempat tidur orang-orang tanpa identitas atau gelandangan dan pengemius (gepeng).

Oleh sebab itu, , Pjs Wali Kota Medan mengistruksi kepada OPD terkait untuk segera menertiban pedagang dan gepeng-gepeng yang tidur di taman tersebut.

“Kita harus menata taman-taman di Kota Medan karena apabila dibiarkan akan semakin sulit untuk ditertibkan. Jadi, bila ada muncul satu pedagang saja langsung tertibkan,” ujarnnya.

Dikatakannya, sejumlah langkah telah disiapkan untuk menata dan menertibkan kawasan Taman Ahmad Yani tersebut salah satunya dengan membentuk posko pengamanan.

“Banyak langkah yang telah kita siapkan untuk menata taman-taman kita agar memberikan rasa yang lebih nyaman kepada masyarakat, salah satunya akan kita buat posko pengamanan dan satgas kewilayahan, nanti akan kita lakukan dulu di taman Ahmad Yani setelah itu baru ke taman-taman lain, kita lihat mana yang cocok,” paparnya.

Ia meminta pengawasan terhadap taman Ahmad Yani tidak hanya dilakukan saat pagi ataupun siang hari saja, tetapi juga harus di pantau hingga malam hari guna mencegah terjadinya tindakan-tindakan negatif.

“Jangan sampai taman ini menjadi tempat orang untuk melakukan tindakan negatif, harus kita pantau terus dari pagi hingga malam hari,” tuturnya.

Rapat tersebut kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan masukan dari masing-masing pimpinan OPD terkait untuk nantinya menjadi bahan masukan. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey