Home / Medan / Pilkada Medan Jangan Sampai jadi Klaster Baru COVID-19

Pilkada Medan Jangan Sampai jadi Klaster Baru COVID-19

Penjabat sementara Wali Kota Medan Arief Sudarto Trinugroho (kanan) saat menghadiri kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara dengan protokol kesehatan di tempat pemungutan suara (TPS), di halaman Taman Tjong Yong Hian Jalan Kejaksaan Medan, Sabtu (17/10). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 17/10 (LintasMedan) – Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Medan Arief Sudarto Trinugroho mengatakan tahap persiapan hingga pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Kota Medan 2020 jangan sampai menjadi klaster baru penyebaran COVID-19.

“Jangan sampai Pilkada nanti malah menjadi klaster baru penyebaran virus corona,” katanya saat menghadiri acara simulasi pemungutan dan penghitungan suara dengan protokol kesehatan serta penggunaan sirekap di tempat pemungutan suara (TPS) di Medan, Sabtu (17/10).

Dalam acara simulasi yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan tersebut, Arief meminta agar protokol kesehatan diterapkan dengan disiplin di setiap TPS.

Jika protokol kesehatan tidak berjalan, lanjut dia, kegiatan pilkada justru bisa memicu lonjakan jumlah kasus COVID-19 di ibu kota Provinsi Sumatera Utara tersebut.

Dikatakannya, kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS yang digelar KPU Kota Medan tersebut merupakan salah satu cara menyiasati momen Pilkada di masa pandemi COVID-19.

Lebih lanjut ia mengatakan, tantangan besar yang dihadapi pada pilkada di masa pandemi COVID-19 saat ini adalah menghadirkan pemilih ke TPS.

Menurut dia, besar kemungkinan jumlah pemilih yang datang kje TPS akan menurun dibanding pilkada sebelumnya.

“Kita berharap kesadaran berpolitik warga Kota Medan tetap tinggi meskipun virus corona masih mengancam,” tuturnya.

Arief menambahkan, tahun 2020 merupakan tahun yang menentukan Kota Medan untuk periode lima tahun kedepan.

“Mari bersama kita jadikan Kota Medan sebagai panutan yang baik untuk pelaksanaan Pilkada yang jujur dan adil,” ujar Arief.

Simulasi pemungutan dan penghitungan suara dengan protokol kesehatan digelar di halaman Taman Tjong Yong Hian Jalan Kejaksaan Medan dibuka secara langsung oleh Pelaksana harian Ketua KPU RI Ilham Syahputra. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey