Home / Headline / Polisi Amankan 32 Demonstran Kelompok Anarko di Medan

Polisi Amankan 32 Demonstran Kelompok Anarko di Medan

Seorang petugas kepolisian melintas di sisi sebagian dinding kaca gedung DPRD Sumatera Utara yang pecah akibat dilempari massa demonstrans menolak Undang-Undang Cipta Kerja, di Medan, Kamis (8/10). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 9/10 (LintasMedan) – Kapolda Sumatera Utara (Sumut), Irjen Pol Martuani Sormin menyebutkan, petugas mengamankan 32 orang kelompok Anarko saat demonstrasi massa menolak Undang-Undang Cipta Kerja di DPRD Sumut.

“Ada 32 kelompok Anarko yang bergabung dengan geng motor Ezto sedang didalami pihak kepolisian,” katanya, kepada pers di Mapolrestabes Medan, Jumat (9/10

Martuani menambahkan, pihaknya menduga kelompok Anarko ini sudah terorganisir dan menumpang pada kelompok pengunjuk rasa.

“Kita mensinyalir mereka terorganisir menumpang kepada kelompok pengunjuk rasa,” ujarnya.

Namun, Kapolda belum menyebutkan lebih jauh apakah kelompok ini mengerti tentang Anarko atau sekadar tudingan saja, karena kasusnya masih dalam pemeriksaan.

“Nanti kita dalami pada saat pemeriksaan,” jawabnya.

Dia mengatakan secara total ada 253 orang yang ditangkap terkait demo ricuh kemarin. Polisi juga menyita senjata tajam dari sejumlah orang.

“Untuk keseluruhan di Sumut ada 253 orang yang diamankan. Sebanyak 9 orang di antaranya di Labuhan Batu, 1 orang di Tapsel dan 243 orang di Medan,” katanya.

Hingga saat ini pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan kemungkinan adanya tersangka baru terkait aksi anarkis tersebut.

Selain itu, aparat kepolisian juga telah menangkap dua orang pelaku pembakar mobil dinas kepolisian dan keduanya telah ditetapkan menjadi tersangka.

Sebelumnya, unjuk rasa penolakan RUU Cipta Kerja yang telah disahkan DPR RI, pada Kamis di halaman Gedung DPRD Sumut berujung ricuh.

Sejumlah fasilitas umum turut dibakar dan dirusak oleh massa. Bahkan, kaca gedung DPRD Sumut pecah akibat dilempari batu oleh para demonstran.

Bahkan, satu unit mobil dinas kepolisian diduga dibakar massa di Jalan Sekip, Medan, Kamis (8/10).
(LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey