Home / Headline / Seluruh OPD Pemko Medan Diinstruksikan Lebih Aktif Cegah COVID-19

Seluruh OPD Pemko Medan Diinstruksikan Lebih Aktif Cegah COVID-19

Sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah mengikuti rapat evaluasi penanganan COVID-19 yang dipimpin Penjabat sementara Wali Kota Medan Arief Sudarto Trinugroho di gedung Cadika Jalan Karya Wisata Medan Johor, Jumat (16/10). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 16/10 (LintasMedan) – Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Medan Arief Sudarto Trinugroho menginstruksikan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan untuk lebih aktif melakukan pencegahan penyebaran COVID-19.

Instruksi tersebut disampaikan Pjs Wali Kota Medan saat memimpin rapat evaluasi penanganan COVID-19 di gedung Cadika Jalan Karya Wisata Medan Johor, Jumat (16/10).

“Saat ini jumlah positif COVID-19 di Kota Medan yang tertinggi ada di Kecamatan Medan Helvetia, Kecamatan Medan Johor, dan Kecamatan Medan Timur,” ujarnya.

Menyikapi hal itu, Arief meminta agar upaya penanganan COVID-19 fokus dilakukan di tiga Kecamatan tersebut, tanpa mengecualikan kecamatan lainnya yang jumlah penderitanya relatif menurun.

Disebutkan, selama 14 hari terakhir konfirmasi positif COVID-19 di sejumlah kecamatan di Medan mengalami penurunan.

“Begitu pula dengan positif rate yang terkonfirmasi positif COVID-19 juga mengalami penurunan bersamaan dengan peningkatan recovery rate,” paparnya.

Kondisi ini, menurut dia, tentunya harus terus dipertahankan agar COVID-19 di Medan segera berakhir.
“Mudah-mudahan ini terus bisa kita pertahankan, sehingga konfirmasi positif terus menurun,” kata Pjs Wali Kota Medan.

elaksanaan Peraturan Wali Kota (Perwal) Medan No 27 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru Pada Masa Pandemi Covid 19 di Kota Medan yang digelar di Ruang Rapat Taman Cadika Jalan Karya Wisata Kelurahan Pangkalan Masyhur Kecamatan Medan Johor, Jumat

Ia juga memerintahkan kepada masing-masing OPD terkait agar lebih giat dalam melakukan tugas-tugasnya dalam menekankan penyebaran Covid 19 di Kota Medan.

Instruksi tersebut disampaikan Pjs Wali Kota Medan saat memimpin Rapat Evaluasi Tentang Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) dan Pelaksanaan Peraturan Wali Kota (Perwal) Medan No 27 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru Pada Masa Pandemi Covid 19 di Kota Medan yang digelar di Ruang Rapat Taman Cadika Jalan Karya Wisata Kelurahan Pangkalan Masyhur Kecamatan Medan Johor, Jumat (16/10).

Didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM dan Asisten Administrasi Umum (Asmum) Setda Kota Medan Renward Parapat, Pjs Wali Kota Medan mengatakan berdasarkan data dari Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sumut, selama 14 hari terakhir konfirmasi positif Covid 19 di Kota Medan mengalami penurunan, begitu pula dengan positif rate juga mengalami penurunan bersamaan dengan peningkatan recovery rate.

“Kondisi ini tentunya harus terus dipertahankan agar Covid 19 di Kota Medan segera berakhir. Mudah-mudahan ini terus bisa kita pertahankan, sehingga konfirmasi positif terus menurun,” ungkap Pjs Wali Kota Medan.

Dihadapan para pimpinan OPD dan sejumlah Kabag Setda Kota Medan yang hadir, ia juga meminta agar update data COVID-19 terus diperbaharui setiap hari serta dilakukan evaluasi dan membuat laporan mengenai apa saja yang telah dilakukan.

Database dan evaluasi ini, lanjutnya, menjadi dasar bagi Pemko Medan dalam mengambil kebijakan dan langkah strategis dalam penanganan COVID-19 di ibu kota Provinsi Sumut itu.

Sementara itu, Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, mengemukakan bahwa masing-masing OPD di lingkungan Pemko Medan sudah memiliki tugas yang jelas yang telah diatur dalam Perwal Kota Medan No 27 Tahun 2020.

“Kita sudah punya dasar dalam menjalankan tugas, karena itu saya minta kita semua serius dalam menjalankan tugas tersebut sehingga COVID-19 di Kota Medan dapat segera kita akhiri,” katanya. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey