Home / Sumut / Sigale-gale Jadi Contoh Tertib Masker di Lokasi Wisata Tomok

Sigale-gale Jadi Contoh Tertib Masker di Lokasi Wisata Tomok

Wisatawan sedang manortor dengan si Gale-Gale saat berkunjung di lokasi wisata Desa Tomok Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir (Foto:LintasMedan/Irma Yuni)

Samosir,27/10 (LintasMedan) – Obyek wisata Danau Toba kembali dilirik, setelah selama beberapa bulan belakangan sepi dari wisatawan akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk negeri ini.

Saat ini pemerintah terpaksa kembali menggeliatkan sektor pariwisata di tengah pandemi Covid guna membangkitkan perekonomian yang semakin terpuruk.

Kebijakan itu juga membuat warga sekitar Danau Toba termasuk di lokasi wisata Desa Tomok Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir ikut berbenah.

Mereka ingin mengembalikan gebyar wisata yang sekaligus sebagai sumber pencaharian sebagian besar warga.

Namun bukan berarti harus mengabaikan protokol kesehatan yang hingga kini cukup gencar diimbau oleh pemerintah, guna menekan penyebaran virus mematikan itu yang tak tau kapan berakhir.

Masuk ke lokasi Tomok, baru-baru ini terpampang tulisan berupa imbauan wajib menggunakan masker bagi pengunjung, termasuk para pedagang souvenir.

Bahkan patung ‘Sigale-gale’ pun dipakaikan masker oleh pengelola obyek wisata sebagai contoh bagi pengunjung, bahwa di lokasi itu wajib masker.

Koslin Sinaga, warga setempat mengatakan mereka tetap tertib protokol kesehatan, dan tamu yang datang juga disediakan tempat mencuci tangan di beberapa lokasi.

“Jadi kalau ada yang tidak pakai masker malulah sama di Gale-gale,” kata Jamaludin salah seorang wisatawan.

Sigale gale atau Simanggale (anak yang lemah gemulai) merupakan tokoh legenda bagi masyarakat di desa itu, yang digambarkan berupa patung kayu untuk menghibur wisatawan melalui tarian adat Batak.

Albert Sibero, seorang pemandu wisata memaparkan Simanggale dulunya adalah putera raja yang meninggal di Medan pertempuran.

Wisatawan yang datang ke lokasi Desa Tomok biasanya dihibur beberapa tarian adat Batak, salah satunya Gondang Hula-hula, yang diikuti tarian Sigale-gale. (LMC/Irma Yuni)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey