Home / Sumut / Sumut Perbantukan Satgas Covid-19 Madina

Sumut Perbantukan Satgas Covid-19 Madina

Foto:LintasMedan/irwan Arifianto

Madina, 15/10 (LintasMedan) – Untuk memastikan jumlah terkonfirmasi positif di kabupaten Mandailing Natal (Madina), Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) membentuk tim Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 memperbantukan Satgas setempat.

Tim ini dibentuk pasca kunjungan Gubsu Edy Rahmayadi untuk memberikan dukungan terhadap Satgas Penanganan Covid-19 Madina. Ketika itu Edy menilai masih minimnya kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

Utusan Sumut yang dipimpin Drs H Arsyad Lubis dan D Harahap itu disambut Pjs Bupati Madina Dahler Lubis dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), TNI – Polri. Rapat Koordinasi pun berlangsung di Bagas Godang yang juga sebagai tempat isolasi di Desa Purba Baru, Kecamatan Lembah Sorik Marapi, Kamis (15/10).

Rapat merumuskan Kapolres Madina, Horas Tua Silalahi sebagai Ketua dan Dandim 0212 TS sebagai Wakil Ketua. Untuk struktur fungsi tugas lainnya diisi para OPD Satgas sebelumnya. Tim bentukan ini hanya bertugas selama dua pekan yakni 19 Oktober – 1 November.

“Tim ini dibentuk untuk mendukung langkah – langkah preventif dalam melakukan penertiban yang akan menyasar ke semua masyarakat. Termasuk mengurus tempat isolasi,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Madina, Sahnan Pasaribu kepada lintasmedan.com, Kamis (15/10).

Sahnan menyebut pemerintah Madina juga akan menerapkan 3T (Testing, Tracing dan Treatment) untuk menekan penyebaran Covid-19. Tim yang dibentuk ini juga nantinya akan melakukan Test Swab dengan mengambil 2000 sampel dengan kalkulasi 150 – 200 perharinya.

Angkutan akan turut jadi sasaran, sambung Sahnan akan dilakukan test swab di terminal – terminal angkutan khususnya yang ada di Kota Panyabungan. Selain sasaran itu, Hotel Madina Sejahtera yang digunakan sebagai tempat isolasi pendukung Bagas Godang juga menjadi perhatian.

“Tim ini ditugaskan selama dua pekan. Jika masih diperlukan kemungkinan bisa diperpanjang,” ucapnya sembari menjelaskan pembentukan tim ini menggunakan anggaran dari provinsi.

Sementara dari pantauan tampak tempat isolasi cukup dipersiapkan. Namun di lapangan masih terlihat minimnya kesadaran masyarakat meski pemerintah setempat sudah mengambil tindakan persuasif.(LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey