Home / Sumut / Antisipasi COVID-19, Dinkes Madina Imbau Warga Jalani Hidup Sehat

Antisipasi COVID-19, Dinkes Madina Imbau Warga Jalani Hidup Sehat

Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) membagikan masker secara gratis kepada warga dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tahun 2020, di Kecamatan Panyabungan, Kamis (12/11). (Foto: LintasMedan/Iwan)

Madina, 12/11 (LintasMedan) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mengimbau masyarakat di daerah itu menjalani dan menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari sehingga daya tahan tubuh dapat bekerja dengan optimal untuk menangkal serangan virus dan bakteri dari luar, seperti COVID-19.

“Perilaku Hidup Bersih dan Sehat PHBS paling tidak akan menghindarkan seseorang dari penyakit. Bisa dengan pola makanannya, olahraganya, lingkungannya dan air bersih,” kata Kepala Dinkes Kabupaten Madina, Syarifuddin Nasution di Panyabungan, Kamis(12/11).

Himbauan tersebut disampaikan Syarifuddin Nasution dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 pada 12 November 2020.

Selain menjaga pola hidup sehat, ia pun berpesan supaya warga terus menjaga kebersihan. Paling tidak ini sebagai upaya mengantisipasi penularan virus corona.

Menurut dia, semakin banyak masyarakat yang menjalani Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, semakin baik persoalan kesehatan masyarakat itu.

“Karena itu, pola hidup sehat seperti berolahraga dan mengonsumsi gizi yang seimbang harus kita kampanyekan dan kita jalani,” katanya.

Ia juga mengingatkan pentingnya mencuci tangan dengan sabun di air mengalir dan hindari menyentuh wajah.

“Di masa pendemi COVID-19 saat ini, kita selalu mengingatkan masyarakat agar melaksanakan gerakan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” kata Syarifuddin.

Dinkes Madina dalam rangka memperingati HKN Tahun 2020 melakukan pembagian masker secara gratis kepada masyarakat melalui 26 Puskesmas di kabupaten tersebut. (LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey