Home / Sumut / Hindari Penyebaran Covid-19, KPU Madina Gelar Debat Di Tapteng

Hindari Penyebaran Covid-19, KPU Madina Gelar Debat Di Tapteng

M Husein

Madina, 10/11 (LintasMedan) – Menghindari penyebaran Covid-19, KPUD Mandailing Natal (Madina) terpaksa menggelar debat Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Madina di Hotel Pia Pandan, Tapanuli Tengah (Tapteng).

Hal itu dikatakan Komisioner KPU Madina M Husein, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Selasa (10/11).

Karena dalam masa pandemi KPU Madina menilai tidak memungkinkan melakukan debat di kabupaten sendiri. Banyak alasan – alasan yang menjadi pertimbangan, di antaranya hotel – hotel yang dianggap sesuai digunakan untuk tempat isolasi.

“Kita mengambil pembelajaran dari kerumunan massa di saat pendaftaran. Tidak tertutup kemungkinan terabaikan protokol kesehatan. Sementara beberapa hotel juga digunakan sebagai tempat isolasi. Kalau kita gunakan gedung serbaguna, suaranya nanti akan menggema,” sebutnya.

Debat kandidat paslon Bupati dan Wakil Bupati Madina akan berlangsung pada 13 November Mendatang dan akan disiarkan secara live oleh salah satu TV swasta.

“Selain bisa disaksikan lewat TV, kita juga akan menyiarkan lewat laman dan akun Medsos KPU Madina,” terangnya.

Untuk jumlah peserta Husein menyebutkan akan dibatasi. Yang diizinkan masuk ke ruangan debat hanya Paslon dan empat orang pendamping dari masing-masing paslon.

Menyinggung paslon tidak bisa mengikuti debat dengan alasan melaksanakan ibadah, Husein menerangkan harus dibuktikan dengan surat keterangan. Termasuk juga dengan alasan kesehatan harus dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter. Dan diserahkan ke KPU paling lambat tiga hari sebelum penyelenggaraan debat publik atau debat terbuka.

Sementara untuk sanksi bagi paslon yang terbukti secara sah menolak mengikuti debat maka akan dikenakan sanksi berupa diumumkan oleh KPU Provinsi atau Kabupaten/Kota bahwa pasangan calon yang bersangkutan menolak mengikuti debat publik atau debat terbuka. Dan sisa iklan paslon tidak ditayangkan.(LMC/Irwan Arifianto)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey