Home / Headline / Ini Janji Yusuf Siregar-Roby Agusman Bila Terpilih di Pilkada Tapsel

Ini Janji Yusuf Siregar-Roby Agusman Bila Terpilih di Pilkada Tapsel

Calon wakil bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) nomor urut 1 Roby Agusman Harahap saat diwawancarai wartawan usai mengikuti debat Pilkada Tapsel 2020 di Hotel Arya Duta Medan, Kamis (12/11). (Foto: LintasMedan/Irma)

Medan, 12/11 (LintasMedan) – Calon bupati dan calon wakil bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) nomor urut 1, Yusuf Siregar-Roby Agusman Harahap berjanji untuk memanfaatkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan tambang bagi kepentingan masyarakat bila mereka kelak terpilih dalam Pilkada serentak 2020.

“Dana CSR itu jangan dimanfaatkan untuk sesuatu yang tidak bersentuhan dengan kepentingan masyarakat, apalagi sampai disalahgunakan untuk kepentingan pribadi atau pihak tertentu, seperti yang disinyalir terjadi selama ini,” katanya menjawab pers seusai mengikuti agenda debat di Hotel Arya Duta Medan, Kamis (12/11).

Saat mengikuti debat, Roby hanya seorang diri. M Yusuf Siregar calon Bupati Tapsel yang menjadi pendampingnya berhalangan hadir karena dalam keadaan kurang sehat.

Sedangkan calon bupati dan calon wakil bupati Tapsel nomor urut 2 yang tampil dalam debat Pilkada tersebut, yaitu Dolly Pasaribu-Rasyid Dongoran.

Menurut politisi Partai NasDem ini, perusahaan tambang di Tapsel selama ini mengalokasikan dana CSR tergolong besar, tetapi pemanfaatan dana tanggung jawab sosial perusahaan itu untuk kepentingan masyarakat masih belum sesuai harapan masyarakat setempat.

Kondisi kehidupan masyarakat di sekitar lingkungan operasional tambang di Tapsel, lanjutnya, masih jauh dari kategori sejahtera.

Untuk memastikan dana CSR dari perusahaan tambang dimanfaatkan bagi kepentingan masyarakat, kata dia, harus mengedepankan prinsip transparansi yang memungkinkan semua pihak bisa mengeceknya.

“Masyarakat Tapsel jauh dari kata sejahtera, masih ada masyarakat di beberapa kecamatan yang masih makan garam. Ini yang perlu diperbaiki kedepan,” ujarnya dalam debat kandidat yang disiarkan langsung oleh TVRI Sumut itu.

Berdasarkan catatan Roby, ada banyak masalah utama yang dihadapi warga Tapsel, antara lain pendidikan, status lahan hutan adat, infrastruktur jalan, kelistrikan dan sarana prasarana umum lainnya.

Dalam hal pendidikan, misalnya, masih banyak pelajar putus sekolah. Disebutkannya, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Tapsel rata-rata 69,1 persen, atau di bawah target nasional yang ditetapkan Pemerintah rata-rata 71,92 persen.

“Kami minta doa restu dari semua lapisan masyarakat di Tapanuli Selatan agar terpilih dan diberi kepercayaan untuk membangun masyarakat yang lebih sejahtera,” ucap Roby. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey