Home / Headline / Medan Antisipasi Bencana Alam di Tengah Pandemi COVID-19

Medan Antisipasi Bencana Alam di Tengah Pandemi COVID-19

Pejabat sementara Wali Kota Medan Arief Sudarto Trinugroho (kiri) bersama unsur Forkopimda meninjau kesiapan personel dalam rangka penanggulangan bencana alam, di halaman Mapolres Belawan, Rabu (11/11). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 11/11 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan bersama institusi terkait di daerah itu telah menyiapkan berbagai langkah antisipasi guna meminimalisasi risiko bencana termasuk mengantisipasi terjadinya klaster baru penyebaran COVID-19 di tengah bencana alam.

“Jika kita melakukan kesiapsiagaan sejak dini, insya Allah, bencana yang terjadi dapat kita tanggulangi bersama,” kata Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Medan, Arief Sudarto Trinugroho di Medan, Rabu (11/11).

Arief menekankan hal itu ketika memimpin apel kesiapan penanggulangan bencana wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan di halaman Mapolres Pelabuhan Belawan.

Ia berpesan agar seluruh pihak dapat membangun kesiapsiagaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana di Kota Medan.

Dengan demikian, resiko dan dampak yang diakibatkan oleh bencana alam mampu diminimalisir serta ditanggulangi secepat mungkin.

Di hadapan Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Mhd R Dayan, unsur Forkopimda dan pimpinan OPD Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang, Arief mengingatkan bahwa bencana bisa saja terjadi kapan dan di mana saja.

Apalagi, Indonesia berada dalam ringkaran cincin api pasifik (Pasific Ring Of Fire) sehingga bencana sewaktu-waktu bisa saja terjadi di Tanah Air.

Potensi bencana hidrometeorologi tersebut telah diingatkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) karena saat sekarang sedang berlangsung fenomena La Nina moderat yang berdampak pada peningkatan curah hujan.

“Selain karena faktor alam, bencana bisa juga terjadi karena ulah perilaku manusia. Maka dari itu, tugas kita bersama adalah menjaga kelestarian alam agar tidak rusak,” katanya.

Disebutkannya, Pjs Wali Kota mengungkapkan salah satu musibah yang terjadi di wilayah Hukum Polres Pelabuhan Belawan adalah banjir rob.

Hal tersebut, lanjutnya, dapat diminimalisir jika sistim dan kepedulian termasuk masyarakat lebih ditingkatkan.

“Namun, kita semua pasti tidak ada yang menginginkan bencana terjadi. Tugas kita adalah membangun kesiapsiagaan,” katanya.

Apel gabungan tersebut diikuti personel dari unsur TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, BPBD dan Basarnas. (LMC/irma yuni)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey