Home / Sports / 52 Pelatih Pelatda PON Sumut Ikut Penataran

52 Pelatih Pelatda PON Sumut Ikut Penataran

(Foto:LintasMedan/ist)

Medan, 20/12 (LintasMedan) – Provinsi Sumatera Utara menyiapkan 53 pelatih dari berbagai cabang olahraga untuk menggembleng para atlet yang akan bertarung memperkuat provinsi ini di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021.

Para pelatih tersebut mengikuti Penataran Kondisi Fisik untuk Pelatda PON yang digelar di Aula KONI Sumut, Sabtu (19/12) sore.

“Harapan KONI Sumut untuk meraih prestasi di PON XX/2021 di Papua yang telah diundur setahun pelaksanaannya menjadi 2-14 Oktober 2021, tergantung kepada ke-53 pelatih yang mengikuti penataran. Kami harapkan para pelatih menggali ilmu sebanyak-banyaknya dari kedua narasumber yang sudah sarat pengalaman melatih di tingkat nasional,” kata Sekretaris KONI Sumut Chairul.
dalam sambutannya saat membuka penataran tersebut.

Dia berharap para pelatih nantinya bisa menjadikan atlet Sumut berprestasi dengan perencanaan, program, evaluasi dan akselarasi masing-masing.

“Tugas pelatih juga sangat berat. Karena mereka harus bisa sebagai perencana, pemimpin, guru, contoh, motivator, evaluator dan sebagainya,” tambahnya.

Didampingi Wakil Ketua I KONI Sumut Prof Dr Agung Sunarno dan Wakil Ketua II H Sakiruddin, Chairul pun bercerita mengenai pengalaman sukses pelatih panahan Donald Pandiangan dan sprinter Mardi Lestari.

“Pengalaman mereka unik. Tapi intinya komunikasi pelatih dengan atlet sangat penting untuk menuntaskan program sekalian mencapai target prestasi,” tegasnya.

Sementara Ketua Panitia H Basyaruddin Daulay mengatakan pelaksanaan penataran itu berlangsung empat hari pada 19-22 Desember 2020, diikuti 53 pelatih dari 28 cabang olahraga Sumut yang lolos PON XX Papua.

Penataran menghadirkan dua narasumber yang merupakan pelatih berpengalaman nasional sekaligus dosen dari UNJ Jakarta, yakni Dr Iman Sulaiman Zamzami MPd dan Drs Oktavianus Matakupan MPd.

“Pada hari ketiga, narasumber akan menyelesaikan program latihan. Hari keempat diskusi semua materi, makanya panitia juga menyiapkan 12 pendamping untuk menuntaskan program dimaksud,” papar Basyaruddin.

Mantan Dekan FIK Unimed yang akrab disapa Baday itu menambahkan, target sesungguhnya bukan cuma PON 2021, melainkan juga PON 2024 saat Sumut jadi tuan rumah bersama Aceh.(LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey