Home / Sumut / Kontras Independen Gugat Anggota KUD ke PN Madina

Kontras Independen Gugat Anggota KUD ke PN Madina

Madina, 5/12 (LintasMedan) – Menuntut hak atas apa yang telah diperjuangkan, Kontras Independen menggugat anggota Koperasi Unit Desa (KUD) Setia Abadi ke Pengadilan Negeri Mandailing Natal (Madina).

Permasalahan ini menyangkut kesepakatan bagi hasil atas pengelolahan lahan plasma di Desa Batu Sondet, Kecamatan Batahan, Madina. Kontras yang merasa dirugikan melayangkan gugatan perdata.

Ketua Kontras Independent Regional Sumatera M Batubara, mengatakan sebelumnya telah ada kesepakatan bagi hasil dengan masyarakat atas pengelolahan lahan plasma. Namun disinyalir ada pihak – pihak yang memprovokasi keadaan sehingga masyarakat mengabaikan kesepakatan.

“Ada pihak – pihak yang tidak menginginkan kita ada di sana. Saya meminta hak saya, saya sudah dirugikan 2 M lebih untuk memperjuangkan lahan itu,” kesalnya.

Permasalahan ini berawal, adanya komitmen masyarakat menyerahkan lahannya ke perusahaan PT AN (Agro Nusantara) untuk perkebunan plasma (sawit) masyarakat. Selanjutnya lahan tersebut beralih ke PTP IV.

“Hal ini sudah menimbulkan salah persepsi. Masyarakat menuding PTP IV lah yang bertanggungjawab,” sebutnya.

Oleh masyarakat Kontras diberi surat kuasa untuk membantu permasalahan itu. Dan atas upaya tersebut Kontras dengan masyarakat anggota koperasi membuat kesepakatan bagi hasil.

Najamuddin Ketua Koperasi Setia Abadi ketika dikonfirmasi menyangkal pernyataan itu. Ia mengatakan belum ada upaya yang diharapkan masyarakat dari perjuangan tersebut.

“Lahan yang dipermasalahkan itu sudah ada sejak 2007 lalu, mulai awal terbitnya izin lokasi. Sebenarnya yang diharap masyarakat dari Kontras bisa merealisasikan kekurangannya,” kata Najamuddin.

Kasus ini masih dalam tahap mediasi. Penggugat dan tergugat akan dipertemukan kembali pada Kamis (10/12) mendatang. (LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey