Home / Peristiwa / Mahasiswa Desak Inspektorat Usut Dugaan Korupsi Disdik Madina

Mahasiswa Desak Inspektorat Usut Dugaan Korupsi Disdik Madina

Aliansi Mahasiswa Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) kembali menggelar demonstrasi terkait kasus dugaan korupsi di Dinas Pendidikan Mandailing Natal (Madina), Selasa (1/2).(Foto:LintasMedan/ist)

Madina, 1/12 (LintasMedan) – Aliansi Mahasiswa Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) kembali menggelar demonstrasi terkait kasus dugaan korupsi di Dinas Pendidikan Mandailing Natal (Madina). Dalam tuntutan ini, mereka meminta Inspektorat segera mengambil sikap.

“Kami harap Inspektorat tidak mandul. Kasus ini harus diusut tuntas sampai selesai. Inspektorat jangan berjalan di tempat,” sebut koordinator aksi Akbar Lubis dalam orasinya di halaman Inspektorat Madina, Selasa (1/12).

Mahasiswa menuntut Inspektorat segera mengusut tuntas dugaan KKN di Dinas Pendidikan. Tuntutan itu berupa penyalahgunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Dana Alokasi Khusus (DAK) dan pungutan liar.

Orasi yang tidak berlangsung lama itu akhirnya direspon Inspektorat. Oleh Kepala Inspektorat Madina Marwan Siregar, memberikan jawaban atas tuntutan tersebut.

“Untuk tuntutan dana BOS pemeriksaannya masih berjalan termasuk juga pungli. Kami melakukan kerjasama dengan pihak Kejari Panyabungan,” sebut Marwan di hadapan mahasiswa.

Namun terkait DAK 2020, lanjut Marwan, belum bisa dilakukan pemeriksaan dikarenakan masih dalam tahun berjalan. Pihaknya berjanji akan menindaklanjuti tuntutan dan akan memanggil Kepala Dinas Pendidikan Madina.

“Untuk DAK belum bisa itu ada aturannya. Siapa pun tidak bisa memeriksanya sebelum tutup tahun. Harus berakhir dulu 31 Desember baru kami periksa,” paparnya.

Akhirnya massa membubarkan diri setelah mendapatkan jawaban dari Inspektorat. Namun permasalahan tersebut masih menjadi sorotan dan pantauan para mahasiswa. (LMC/Irwan Arifianto)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey