Home / Nasional / Pengurus IWO Ziarah ke Makam Leluhur Tulang Bawang di Menggala

Pengurus IWO Ziarah ke Makam Leluhur Tulang Bawang di Menggala

Pengurus Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Tulang Bawang, Lampung foto bersama usai melakukan napak tilas dan ziarah ke makam leluhur pendiri Tulang Bawang, Jumat (22/1). (Foto: LintasMedan/ist)

Lampung, 22/1 (LintasMedan) – Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Tulang Bawang, Lampung melakukan napak tilas dan ziarah ke beberapa makam bangsawan Kerajaan Tulang Bawang dan para tokoh pendiri kabupaten tersebut di Menggala, Jumat (22/1).

Ziarah dimulai mengunjungi makam Paduka Raja/Minak Sangaji di Jalan Ujung Gunung Udik Menggala, makam Minak Ngegulung Sakti di Tiuh Tohou dan Makam Minak Rio Kuaso di Bujung Pering Talang Tembesu.

Selanjutnya, ke makam H. Kasyful Anwar di Desa Karang Jawa Muka, makam H. Darham Hidayat di Jalan Brigjend HM. Yuseri dan makam H. Saidul Hudarie di Kelurahan Jambu Hilir.

Dalam ziarah tersebut, di tiap makam dilakukan doa bersama yang dipimpin oleh masing-masing pengurus makam, antara lain Rudi, Bursah dan Hawiddin.

Ketua IWO Kabupaten Tulang Bawang, Ade Setiawan, menjelaskan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menghormati para leluhur dan orang-orang yang dianggap berjasa dalam memperjuangkan berdirinya Kabupaten Tulang Bawang.

“Napak tilas dan ziarah ini dalam rangka untuk menghormati para leluhur pendiri Kabupaten Tulang Bawang,” ujarnya.

Tradisi dan menghormati jasa-jasa perjuangan para leluhur tersebut, menurut Ade, perlu terus dilestarikan oleh segenap elemen masyarakat agar tidak lupa dengan sejarah terbentuknya Tulang Bawang.

Pada kesempatan itu, pihaknya juga mendoakan agar pemerintah dan masyarakat di Tulang Bawang semakin maju dan sejahtera.

Kabupaten Tulang Bawang memiliki luas wilayah sekitar 4.361,83 Km2, yang tersebar dalam 15 wilayah pemerintahan kecamatan, 4 Kelurahan dan 148 Kampung.

Walaupun wilayah ini telah dimekarkan, Kabupaten Tulang Bawang tetap memiliki beragam potensi sumber daya alam dan keragaman budaya yang sangat potensial untuk dikembangkan dalam upaya mencapai kesejahteraan segenap lapisan masyarakat. (LMC/C-06)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey