Home / Medan / Anggota DPRD Medan Sesalkan Perobohan Bangunan Cagar Budaya

Anggota DPRD Medan Sesalkan Perobohan Bangunan Cagar Budaya

Salah satu bangunan bangunan cagar budaya di sekitar Gedung Warenhuis Jalan Ahmad Yani VII Medan. (Foto: LintasMedan/dok)

Medan, 18/2 (LintasMedan) – Anggota DPRD Kota Medan Edwin Sugesti Nasution menyesalkan perobohan bangunan cagar budaya di Jalan Ahmad Yani VII dan di lokasi tersebut saat ini sedang dibangun rumah toko (ruko)

“Bangunan yang dibangun tersebut tepat berada di depan Gedung Warenhuis yang merupakan cagar budaya. Berarti bangunan di sekitarnya juga harus dilestarikan,” katanya di Medan, Kamis (18/2).

Terkait dengan peristiwa itu, pihaknya mendesak pemerintah kota (Pemko) Medan melarang permohonan pendirian bangunan di kawasan cagar budaya, karena segala perizinan termasuk Surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB) berada di pemerintah daerah.

Apalagi, lanjutnya, pembangunan di kawasan tersebut, belum mengantongi SIMB dari pemerintah daerah setempat.

Kebijakan tersebut bertentangan dengan Perda Kota Medan Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pelestarian Bangunan Dan/Atau Lingkungan Cagar Budaya.

Sementara, lanjut anggota Komisi IV DPRD Medan ini, pihak Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Penataan Ruang (DPKPPR) Kota Medan tidak bisa menjelaskan izinnya kepada DPRD Medan.

“Mereka (Dinas PKPPR, red) cuma mengatakan, struktur bangunan itu tidak mendukung lagi,” kata Edwin.

Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, ketika masih menjabat Pelaksana tugas pernah menyatakan bahwa pihaknya berencana merevitalisasi Gedung Warenhuis menjadi kawasan wisata heritage.

“Kami akan merevitalisasi kawasan ini agar menjadi instagramable,” ujarnya. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey