Home / Medan / DPRD Medan Gelar Paripurna Pengumuman Berakhirnya Masa Jabatan Wali Kota

DPRD Medan Gelar Paripurna Pengumuman Berakhirnya Masa Jabatan Wali Kota

Ketua DPRD Kota Medan Hasyim (tengah) salam COVID-19 dengan Wali Kota Medan Akyar Nasution (kiri) dalam sidang paripurna dengan agenda pengumuman berakhirnya masa jabatan Wali Kota Medan periode 2016-2021, di gedung DPRD Medan, Selasa (16/2). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 16/2 (LintasMedan) – DPRD Kota Medan, Selasa (16/2) menggelar sidang paripurna dengan agenda pengumuman berakhirnya masa jabatan Wali Kota Medan periode 2016-2021, pada Rabu, 17 Februari 2021.

Sidang paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Kota Medan Hasyim didampingi Wakil Ketua Rajuddin Sagala dan dihadiri langsung Wali Kota Medan, Akhyar Nasution serta Sekda Medan Wiriya Alrahman.

“Secara resmi usulan pemberhentian ini (Wali Kota Medan) akan disampaikan kepada Mendagri melalui gubernur,” ucap Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim, ketika memimpin sidang paripurna di Gedung DPRD Kota Medan.

Ia memaparkan, usulan pemberhentian Akhyar Nasution dari jabatannya sebagai Wali Kota Medan berdasarkan surat dari Gubernur Sumut.

Disebutkannya, usulan pemberhentian Wali Kota Medan berpedoman pada pasal 78 ayat 2 huruf A Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah.

Undang-undang itu mengatur pemberhentian kepala daerah karena habis masa jabatannya.

Ia menambahkan bahwa rapat paripurna yang juga diikuti secara virual oleh sejumlah anggota DRD Medan tersebut masih dalam rangka mengusulkan pemberhentian Akhyar.

“Melalui rapat ini DPRD Kota Medan akan membuat usulan pemberhentian Akhyar Nasution sebagai Wali Kota Medan,” ujarnya.

Hasil sidang paripurna ini selanjutnya disampaikan ke Mendagri melalui Gubernur Sumut untuk mendapatkan Surat Keputusan (SK) Pemberhentian.

“Terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasa yang telah diberikan oleh saudara Akhyar Nasution dalam membangun Kota Medan selama bertugas sejak tahun 2016,” kata Hasyim.

Akhyar merupakan Wakil Wali Kota Medan yang terpilih bersama Dzulmi Eldin pada Pilkada 2015. Keduanya resmi dilantik sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan pada 17 Februari 2016. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey