Home / Artikel / Nikson Nababan Terus Perjuangkan Pendirian Perguruan Tinggi Negeri di Taput

Nikson Nababan Terus Perjuangkan Pendirian Perguruan Tinggi Negeri di Taput

Kota Tarutung, ibu kota Kabupaten Tapanuli Utara. (Foto: LintasMedan/dok)

Tarutung, 1/2 (LintasMedan) – Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan berjanji akan terus memperjuangkan terwujudnya pendirian perguruan tinggi negeri (PTN) di Taput meski masih menunggu restu dari pemerintah pusat.

“Persiapan menuju pendirian universitas negeri sudah semakin matang. Diskusi dengan para pemangku kepentingan juga sudah sering dilakukan. Dari segi lokasi dan kesiapan sarana dan prasarana pendukung sudah mapan,” katanya saat diwawancarai pers, di Tarutung, Senin (1/2).

Bupati meyakini pendirian PTN di Taput sejalan dengan visi misi Presiden Jokowi yang pada periode kedua fokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM). Salah satunya dengan pemerataan pendidikan tinggi.

Nikson menyinggung pentingnya pendirian PTN di daerahnya untuk dapat menghasilkan SDM unggul, termasuk di sektor pembangunan pariwisata.

Ia memastikan, keberadaan PTN di Taput kelak akan ikut berkontribusi mengoptimalkan potensi objek wisata Danau Toba menjadi salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang telah dicanangkan oleh Presiden Jokowi.

Bupati Taput Nikson Nababan. (Foto: LintasMedan/ist)

Disebutkannya, menciptakan SDM unggul merupakan salah satu visi Taput sebagai Lumbung SDM berkualitas.

“Di Sumatera Utara, kita mau menjual segala sesuatu tapi kita butuh SDM lokal untuk kita berdayakan. Kita meyakini SDM itu sumbernya dari kampus,” paparnya.

Dari segi dampak ekonomi, misalnya, keberadaan PTN di Taput dinilai efektif membantu menekan angka kemiskinan di Tapanuli Raya.

Sedangkan secara politik, Tapanuli yang di awal Kemerdekaan RI adalah sebuah keresidenan sudah selayaknya memiliki universitas negeri.

Cita-cita mendirikan PTN di Taput, menurut Nikson, bukan menjadi saingan bagi perguruan tinggi yang ada, tetapi untuk melengkapi karena masih banyak yang dibutuhkan masyarakat.

Jika dilihat dari jumlah penduduk di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), menurut dia, PTN di wilayah itu sudah sangat sedikit dibanding daerah lain.

“Selama ini, sebagian besar putra daerah dari Tapanuli Utara kalau mau kuliah harus ke Medan. Kalau di di daerah ini ada PTN, tentunya biaya kuliah yang harus dikeluarkan para orang tua mereka bisa ditekan,” ujar Bupati.

Bahkan, keberadaan PTN di Taput justru bisa mendatangkan sumber pendapatan baru bagi sebagian warga setempat karena dipastikan akan banyak orang dari luar daerah itu kuliah di Taput.

Karena itu, Nikson mengaku mengaku sangat serius memperjuangkan ke Pemerintah pusat agar di Taput bisa segera didirikan PTN yang direncanakan bernama Universitas Tapanuli Raya (Untara). (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey