Home / Sports / 270 Atlet Bersaing di Kejurnas Gulat antar PPLP

270 Atlet Bersaing di Kejurnas Gulat antar PPLP

image_pdfimage_print

Kadispora Sumut Baharuddin Siagian bersama Asisten Deputi pengelolaan pembinaan sentra dan SKO Kemenpora Bambang Laksono serta didampingi pengurus lainnya memukul gong pertanda dibuka secara resmi Kejurnas Gulat antar PPLP 2018 di Medan, Rabu (31/10) malamm. (Foto:LintasMedan/ist)

Medan, 31/10 (LintasMedan) – Kejuaraan Nasional gulat antar Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP), PPLPD, dan Sekolah Keolahragaan (SKO) 2018, resmi dibuka Rabu malam, di Grand Kanaya Hotel, Medan.

Sejumlah 270 atlet dan official dari 26 kontingen PPLP, PPLPD, dan SKO ikut ambil bagian pada kejurnas yang berlangsung hingga 3 November 2018.

Para atlet akan bersaing di 17 nomor yang dipertandingkan, 10 nomor gaya bebas putra (38 – 92 kg), 3 nomor grego putra (48, 51, 56 kg), dan 4 gaya bebas putri (46, 49, 53, 57 kg). Seluruh nomor sesuai dengan Weight Categories of Internasional Wrestling Rules.

Pertandingan babak penyisihan akan dimulai Kamis (1/11) mulai pukul 09.00 WIB, di Atrium Hermes Palace Polonia, Jalan Mongonsidi, Medan. Selain babak penyisihan, sejumlah kelas juga pertandingkan babak final.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumut H Baharuddin Siagian mengatakan Kejurnas gulat ini sebagai bentuk evaluasi atas pembinaan dan program latihan yang dilakukan oleh seluruh PPLP, PPLPD, dan SKO Se Indonesia selama ini.

Kejurnas sekaligus sarana talent scouting terhadap atlet gulat pelajar yang ke depan menjadi harapan Indonesia di pentas dunia.

“Hari ini adalah momentum kalian sebagai atlet yang berhasil. Makanya, tanamkan dalam diri bahwa suatu saat kalian adalah atlet potensial yang bisa mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia,” katanya.

Menjadi atlet Indonesia, kata Gubernur harus jadi kebanggaan, karena saat ini telah mendapat perhatikan lebih oleh pemerintah.

“Kalau kalian berprestasi, presiden pasti bisa memberikan reward seperti di Asian Games kemarin,” ucapnya.

Gubernur meminta kepada seluruh atlet untuk mengerahkan seluruh kemampuannya, dibarengi dengan semangat juang dan motivasi tinggi menjadi atlet berprestasi. Termasuk mengaplikasikan hasil try out yang diperoleh selama ini pada pertandingan nanti.

Asisten Deputi pengelolaan pembinaan sentra dan SKO Kemenpora Bambang Laksono mengatakann olahraga gulat sangat memerlukan fisik prima. Diakui Bambang, saat ini prestasi gulat Indonesia di ajang Sea Games jauh menurun ketimbang di era 90 – an.

“Melalui kejurnas ini, kita ingin melihat hasil dan evaluasi atlet selama berlatih di daerah. Kejurnas ini juga untik meningkatkan kualitas pelatih gulat kita supaya lebih berkualitas. Karena di dunia dengan IPTEK yang maju perlu kita sikapi,” paparnya Bambang.(LMC-02)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey