Home / Medan / 799 Peserta Ikuti MTQ Tingkat Kota Medan

799 Peserta Ikuti MTQ Tingkat Kota Medan

image_pdfimage_print

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (kedua kanan) disaksikan Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution (kanan), menyerahkan piala bergilir untuk diperebutkan kembali kepada Ketua Panitia Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Musadad (kiri) pada acara pembukaan MTQ ke 51 tingkat Kota Medan, di lapangan eks Taman Ria Jalan Gatot Subroto Medan, Sabtu (3/3) malam. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 3/3 (LintasMedan) – Walikota Medan, H.T Dzulmi Eldin secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 51 yang diikuti 799 peserta utusan dari 21 kecamatan di ibukota Provinsi Sumatera Utara itu.

“Perhelatan ini harus kita jadikan sebagai media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif,” kata Dzulmi Eldin dalam sambutannya pada acara pembukaan MTQ ke 51 Tahun 2018, di lahan eks Taman Ria Jalan Gatot Subroto Medan, Sabtu (3/3).

Menurut dia, penyelenggaraan MTQ ke 51 tingkat Kota Medan digelar dalam rangka mencari qori-qori`ah dan hafidz-hafidzah terbaik dan juga mencari yang terbaik di masing-masing cabang perlombaan lainnya untuk selanjutnya tampil pada MTQ tingkat provinsi bahkan tingkat nasional, sehingga dapat membawa nama harum daerah.

Oleh karena itu, Walikota berpesan kepada masing-masing kontingen agar berlomba dengan target menjadi yang terbaik di masing-masing cabang perlombaan yang diikuti.

Lebih lanjut Eldin mengatakan bahwa penyelenggaraan MTQ secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di Kota Medan.

“Yang terpenting bagaimana penyelenggaraan MTQ ini bisa menggairahkan masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami Al Quran sebagai pedoman dan petunjuk hidup manusia,” ucap dia.

Walikota juga berharap penyelenggaraan MTQ tersebut dapat menjadi forum silaturahmi yang mengandung nilai-nilai positif dalam memperkuat rasa persaudaraan dan ikatan kebersamaan lintas etnis dan agama sebagai sesama warga setempat.

Sebelumnya, Ketua Panitia MTQ ke 51 tingkat Kota Medan, Musadad Nasution menjelaskan, MTQ tersebut turut diikuti utusan dari sejumlah Madrasah Aliyah Negeri/Swasta yang khusus tampil dalam cabang Fahmil Quran dan Syarhil Quran.

“Para peserta akan mengikuti perlombaan selama sepekan mulai 3 Maret hingga 10 Maret mendatang,” tambahnya.

Disebutkannya, Kota Medan telah tiga kali berturut-turut tampil sebagai juara umum MTQ tingkat Provinsi Sumatera Utara.

“Tahun 2018 Kota Medan dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ Tingkat Nasional ke-27. Untuk itu, mari kita sambut dan dukung penuh sehingga berjalan sukses dan lancar,” ujar Musadad. (LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey