Home / Sports / 888 Atlet Santri-Santriwati Ramaikan Pospeda Sumut 2018

888 Atlet Santri-Santriwati Ramaikan Pospeda Sumut 2018

image_pdfimage_print

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah bersama para atlet santri dan santriwati yang akan tampil di Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Sumatera Utara (Pospedasu) VII/2018, yang digelar di Medan, 10 sampai 15 Desember.(Foto:LintasMedan/ist)

Medan, 11/12 (LintasMedan) – Sebanyak 888 atlet santri dan santriwati tampil di Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Sumatera Utara (Pospedasu) VII/2018, yang digelar di Medan, 10 sampai 15 Desember.

Ajang ini dibuka secara resmi Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah (Ijek) di GOR Futsal Dispora Sumut, Jalan Williem Iskandar, Selasa.

Dalam sambutannya, Ijeck mengatakan, ajang ini sebagai penjaringan untuk mewakili Sumut di Pospenas juga kiranya masuk dalam kontingen tampil di PON 2020 Papua mendatang.

Menurutnya, hasil dari kejuaraan ini para santri dan santriwati juga mewakili Sumatera Utara pada PON mendatang di Papua.

“Dengan cabang-cabang olahraga yang diikuti dan mudah-mudahan dalam Porprov nanti tahun 2019 terseleksi juga para atlet dari pesantren yang juga nantinya akan berjenjang sampai dengan PON,” tutur Ijek.

Di hadapan perwakilan Kanwil Kemenag Sumut, Burhanuddin Damanik, Ketua Umum KONI Sumut, John Ismadi Lubis, serta Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Sumut, Ijek menambahkan, keseharian para santri dan santriwati sehari-hari yang menimba ilmu sesuai apa yang diajarkan, namun juga tak mengesampingkan prestasi olahraga.

Dia pun mengingatkan para santri dan santriwati untuk menjunjung tinggi sportifitas.

“Tetap sportif dalam pelaksanaan ini mudah-mudahan dalam prestasi yang dapat dan hari ini hasil yang baik,” tuturnya.

Dirinya pun berharap dukungan dan doa para santri dan santriwati untuk persiapan Sumut menjadi tuan rumah PON 2024 bersama Aceh nantinya sukses pelaksanaan juga prestasi. “Doakan agar kita bisa sukses dalam persiapan menjadi tuan rumah PON dan hasilnya bisa menjadi juara umum dalam pelaksanaan kalau kita menjadi tuan rumah harus bisa juara umum,” harapnya.

“Tapi kita harapkan PON di Papua nantinya yang tadinya kita urutan kesembilan (2016) secara nasional pun yang lalu mudah-mudahan ada di Sumatera Utara dengan urutan yang bisa masuk 5 besar dari seluruh provinsi yang nantinya ikut,” kata Ijek.

Sedangkan, Ketua Panitia, Baharuddin Siagian mengatakan, ajang yang diikuti 1.236 atlet dan official berasal dari 19 Kab/Kota. Antara lain, Medan, Asahan, Labusel, Labura, Padang Lawas, Tebing Tinggi, Dairi, Deli Serdang, Binjai, Tanjung Balai dan lainnya. Para atlet santri dan santriwati akan ambil bagian di 11 cabor dan seni yang dipertandingkan. Yakni, atletik, voli, futsal, pencak silat, tenis meja, senam santri, pidato 3 bahasa, kaligrafi, kriya, cipta puisi, hadrah.

“Dasar tujuan pelaksanaan Posperasu VII/2018 ini, meningkatkan budaya olahraga dan seni yang bernuansa islami. Menjaring santri dan santriwati untuk menjadi atlet potensial yang bisa meraih prestasi untuk tingkat nasional. Serta meningkatkan pembinaan dan pengembangan olahraga dan seni di kalangan santri pondok pesantren,” pungkas Baharuddin yang juga Kadispora Sumut. (LMC/rel)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey