Home / Headline / Akhyar: Jangan Buang Sampah ke Parit

Akhyar: Jangan Buang Sampah ke Parit

image_pdfimage_print

Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution (ketiga kiri) meninjau kegiatan pengorekan parit di Jalan Marelan, Kecamatan Medan Marelan, Jumat (5/7). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 5/7 (LintasMedan) – Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution mengimbau warga kota setempat agar tidak membuang sampah rumah tangga dan aktivitas lainnya ke dalam parit sungai untuk menjaga kebersihan dan keindahan kota.

“Saya minta masyarakat jangan lagi membuang sampah ke dalam parit dan bagi yang sudah membeton harus membuat lubang inlet jangan sampai di beton seluruhnya, karena air tidak akan dapat masuk ke dalam parit,” katanya di sela meninjau langsung pengorekan drainase di Jalan Marelan, Kecamatan Medan Marelan, Jumat (5/7).

Pengorekan parit di kawasan tersebut dilakukan guna memperlancar aliran air sehingga tidak lagi terjadi banjir khususnya di kawasan tanah 600 Marelan.

Menurut dia, sampah yang dibuang ke parit bisa menimbulkan masalah banjir akibat tumpukan sampah menyumbat aliran air saat hujan turun, gangguan kesehatan karena mencemari air sungai, dan kerusakan lingkungan.

Pemko Medan, lanjautnya, serius melakukan normalisasi drainase agar bisa mengatasi persoalan banjir, termasuk berharap kepada masyarakat untuk sadar lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Dari hasil peninjauan, Wakil Walikota Medan mengungkapkn bahwa sebagian drainase di wilyah Tanah 600 sudah lama tidak dibersihkan sehingga mengalami penyumbatan akibat sendimentase dan sampah yang sudah mengeras.

“Hari ini drainase ini kita bersihkan agar tidak ada lagi penyumbatan yang sering menimbulkan banjir di Tanah 600. Selanjutnya, air dari drainase ini akan kita alirkan ke parit merah dan sebagian lagi ke Sungai bederah,” ujarnya.

Selain pengorekan drainase ini, diwaktu yang bersamaan Pemko Medan juga tengah melakukan normalisasi parit kebun yang letaknya tidak berjauhan dri lokasi tersebut.

“Kita juga sedang melakukan normalisasi terhadap parit kebun yang panjangnya sekitar 2.6 KM, aliran parit ini juga langsung mengalir menuju sungai bederah,” paparnya. (LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey