Home / Medan / Akhyar: Pengembangan PAUD Harus Tetap Prioritas

Akhyar: Pengembangan PAUD Harus Tetap Prioritas

image_pdfimage_print

Akhyar Nasution

Medan, 3/2 (LintasMedan) – Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution, mengatakann Pemerintah Kota (Pemkot) Medan tetap memprioritaskan pengembangan pendidikan anak usia dini (PAUD) di daerah ini.

“Anak adalah tanggung jawab kita bersama. Karena itu perlu bimbingan dan pengawasan sejak usia dini harus selalu memberikan yang terbaik untuk mereka,” katanya pada pembukaan pendidikan dan latihan (Diklat) dasar bagi guru dan tenaga kependidikan PAUD Mandiri, di Medan, Jumat.

Berdasarkan hasil penelitian, lanjutnya, sekitar 50 persen kapabilitas kecerdasan orang dewasa telah terjadi ketika anak berumur 4 tahun.

Selain itu, sekitar 80 persen telah terjadi perkembangan yang pesat di jaringan otak ketika anak berumur 8 tahun dan akan mencapai puncaknya ketika anak berusia 18 tahun.

Setelah itu, kata dia, walaupun dilakukan perbaikan nutriasi, tidak akan berpengaruh signifikanterhadap perkembangan kognitif mereka.

Artinya, perkembangan yang terjadi dalam kurun waktu 4 tahun pertama sama besarnya dengan perekmbangan yang terjadi pada kurun 14 tahun berikutnya.

“Periode ini merupakan periode kritis bagi anak, sebab sangat berpengaruh dengan perkembangan periode berikutnya sampai masa dewasa. Masa emas ini hanya datang sekali seumur hidup. Jika periode ini terlewatkan berarti habislah peluangnya,” ujar Wakil Walikota.

Karena itu, investasi terbaik yang bisa diberikan untuk masa depan anak-anak adalah persiapan pendidikan mereka di usia dini.

Sejalan dengan hal tersebut, Akhyar minta para guru PAUD agar bekerja sungguh-sungguh dan tetap memberikan yang terbaik kepada peserta didiknya.

Pemko Medan, menurut dia, berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas bagi para pendidik anak usia dini.

“Peningkatan kapasitas guru seperti ini yang sangat dibutuhkan guna menyongsong era persaingan global,” tambahnya.

Diklat Dasar guru dan tenaga pendidik PAUD tersebut diikuti sebanyak 115 orang peserta dari 21 kecamatan.

Kadis Pendidikan Kota Medan Hasan Basri, menjelaskan, di Medan saat ini terdapat sekitar 800 PAUD, masing-masing PAUD diperkirakan memiliki anak didik sekitar 20 orang murid.

“Kami akan terus mendorong setiap kecamatan maupun kelurahan di Kota Medan agar memiliki PAUD,” ujar dia. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey