Home / Bisnis / Apindo Minta E-Commerce Lintas Batas Ditutup

Apindo Minta E-Commerce Lintas Batas Ditutup

image_pdfimage_print

Ilustrasi

Jakarta, 10/8 (LintasMedan) – Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Haryadi Sukamdani meminta pemerintah agar menutup perdagangan lintas batas bagi e-commerce di Tanah Air di tengah pesaingan perdagangan online atau e-commerce yang sangat ketat.

“Masalah e-commerce ini juga satu sisi yang kita di persimpangan. Kita ini mau membuka cross border (lintas batas) atau tidak?. Kalau itu dibuka, maka UKM itu saya rasa dengan cepat akan mati semua karena memang tidak bisa bersaing,” kata Haryadi kepada pers di Jakarta, Jumat.

Alasan lain, menurut dia, apabila terus dibuka dikhawatirkan para pelaku e-commerce dalam negeri akan tergerus oleh barang-barang dari luar negeri.

Haryadi menambahkan, salah satu pola konsumen masyarakat Indonesia saat in kebanyakan menginginkan penerimaan barang lebih cepat ditambah lagi dengan harga yang murah.

Sedangkan China cukup signifikan dalam mengambil peranan itu, karena negara tersebut menggunakan pusat logistik berikatnya berada di Singapura.

Dengan demikian, dari segi kemampuan pengiriman dan harga produk-produk China dapat bersaing dengan pelaku UKM di Indonesia.

“Barang-barang mereka bisa sampai ke kita sekitar dua hari, karena barang tersebut dari Singapura. Konsumen kan tidak peduli barang dari mana selama produk bagus dan variasinya banyak. Ini jadi pekerjaan rumah kita adalah sebaiknya tidak dibuka cross border itu,” ujar Haryadi. (LMC-03/JI)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey