Home / Sumut / Aquafarm Salurkan Air Bersih di Wilayah Samosir

Aquafarm Salurkan Air Bersih di Wilayah Samosir

image_pdfimage_print

PT Aquafarm Nussantara (AN) menyalurkan air bersih di beberapa wilayah Kabupaten Samosir yang sedang dilanda musim kemarau.(Foto:LintasMedan/ist)

Samosir, 13/8 (LintasMedan) – PT Aquafarm Nussantara (AN) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Samosir menyalurkan air bersih di wilayah yang dilanda musim kemarau tersebut.

Kemarau panjang di Kabupaten Samosir mengakibatkan sejumlah desa yang berada di daerah perbukitan di Kecamatan Ronggur Ni Huta, Onan Runggu, Palipi dan Pangururan mengalami kekeringan.

Masyarakat kehabisan sumber air minum dan air bersih untuk keperluan rumah tangga.

“Aquafarm sengaja menyalurkan air bersih ke warga pada kemarau panjang ini. Bantuan air bersih dilakukan sejak 28 Juli lalu s/d 11 Agustus,” kata Humas PTAN – Toba Johnson Hutajulu, Jumat (11/8).

Dikatakannya, bantuan pengadaan air bersih dilakukan dengan menggunakan dua unit truk tanki kapasitas 12.000 meter kubik.

Menurut Johnson, dari data yang dihimpun dan dicatat oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Samosir, rekapitulasi pendistribusian air bersih yang sudah disalurkan oleh PT AN berjumlah 32 tanki.

Johnson mengatakan, kegiatan penyaluran air bersih di tahun 2016 juga pernah dilaksanakan akibat musim kemarau panjang yang terjadi di Kabupaten Samosir sebagai bagian program CSR tanggap bencana. Sewaktu musibah tenggelamnya Kapal Motor (KM) Sinar Bangun dan tenggelamnya awak KM Risma Marisi di Danau Toba, PTAN juga mengerahkan bantuan tim selam untuk pencarian korban yang hilang.

“Atas kesigapan dalam keikutsertaan membantu Basarnas dalam pencarian korban KM Sinar Bangun, dan keberhasilan menemukan korban KM Risma Marisi, Tim Selam PT AN diberikan piagam penghargaan dan diserahkan langsung oleh Achim Eichenlaub – CEO Regall Springs AG dalam satu kesempatan beberapa waktu lalu”, sebut Johnson.

Kepala BPBD Kab. Samosir Drs. Mahler Tamba, mengatakan program bantuan air bersih kepada masyarakat Kabupaten Samosir ini sangat positif, sehingga perlu sinergi agar bantuan kepada masyarakat lebih baik lagi untuk berikutnya.

Selanjutnya Mahler mengucapkan terima kasih kepada PT AN atas bantuannya menyalurkan air bersih sehingga mengurangi beban warga akibat bencana kemarau panjang tersebut. “PT AN selalu menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat sekitar seperti penyaluran air bersih ke warga di saat kemarau panjang ini. Untuk itu, atas nama pemerintah dan warga penerima manfaat mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada perusahaan”, ucapnya.

Ucapan terimakasih juga disampaikan oleh Camat Ronggur Nihuta, Sitor Silalahi S.Pd, menyampaikan bahwa di musim kemarau ini bantuan air bersih pada masyarakat Samosir dan Ronggur Nihuta Khususnya, dipergunakan masyarakat untuk berbagai aktivitas, mulai dari mencuci, memasak, mandi dan lain lain.(LMC/rel)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey