Home / Headline / Gempa 5,6 SR Deli Serdang Tak Berpotensi Tsunami

Gempa 5,6 SR Deli Serdang Tak Berpotensi Tsunami

image_pdfimage_print

(Foto: Ilustrasi

Medan, 16/1 (LintasMedan) – Gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Deli Serdang dan sekitarnya, Senin sekitar pukul 19.42 WIB, tidak berpotensi menimbulkan gelombang pasang (tsunami).

Informasi dari Humas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menyebutkan bahwa gempa tersebut berada pada kedalaman 10 Km tepatnya 28 Km di Barat Daya Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Disebutkan, gempa terjadi selama dua kali, masing-masing berkekuatan 3.9 pada Skala Richter (SR) SR pada pukul 19:13 WIB dan berkekuatan 5.6 SR pada pukul 19:42 WIB.

Getaran gempa yang juga dirasakan hingga ke Kota Medan dan Binjai tersebut berada pada 3.33 Lintang Utara (LU) dan 98.46 Bujur Timur (BT).

Meski pusat gempa berada di Barat Laut Deli Serdang, Sumatera Utara, tetapi peristiwa tersebut sempat membuat sejumlah warga di Medan dan Binjai panik.

Dari laman BMKG disebutkan bahwa ciri-ciri gempa pembangkit tsunami antara lain lokasi episenter terletak di laut dengan kedalaman pusat gempa relatif dangkal, kurang dari 70 km.

Selain itu gempa yang dapat memicu tsunami memiliki magnitudo besar lebih dari 7,0 SR. Mekanisme pensesarannya adalah sesar naik (thrusting fault) dan sesar turun (normal fault).

Berdasarkan pantauan di lapangan, guncangan gempa sempat membuat panik sejumlah warga yang sedang berada di dalam rumah dan pusat pertokoan.

Mereka umumnya berhamburan lari ke luar rumah dan gedung untuk menyelamatkan diri.

Hingga saat ini belum diperoleh laporan mengenai korban jiwa atau kerusakan fisik. (LMC-01)

About Lintas Medan