Home / Sports / Dispora Dukung Turnamen Biliar Piala PWI

Dispora Dukung Turnamen Biliar Piala PWI

image_pdfimage_print

Ilustrasi – Turnamen Biliar (Foto:lintasmedan/ist)

Medan, 28/2 (LintasMedan) – Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara mendukung pelaksanaan turnamen biliar dan joker karo yang di gelar oleh Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia Sumatera Utara.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara Baharuddin Siagian melalui Sekretaris Dispora Sakiruddin di Medan, Selasa, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi digelarnya kedua kegiatan tersebut yang digelar sebagai salah satu meramaikan peringatan hari pers yang jatuh pada 9 Februari lalu.

“Kami sangat mendukung kejuaraan biliar dan joker karo tersebut. Apalagi biliar itu bukan hanya untuk kalangan wartawan namun juga untuk umum,” katanya saat menerima audiensi Pengurus Siwo PWI Sumut.

Didampingi Kabid Pembudayaan Olahraga Rudi Rinaldi dan Kabid Peningkatan Prestasi Josua Sinurat, Sakiruddin mengatakan kejuaraan biliar untuk wartawan dan pemula tersebut sangat positif, karena juga sebagai media sosialisasi untuk menghapus “image” negatif tentang olahraga bola sodok tersebut.

Dengan adanya even tersebut, masyarakat akan semakin mengetahui bahwa biliar juga salah satu olahraga prestasi, sehingga nantinya kedepan akan semakin banyak muncul bibit-bibit berbakat yang siap mengahrumkan nama daerah dikancah nasional.

Demikian juga dengan joker karo, juga sebagai salah satu upaya untuk melestarikan kearifan lokal karena permainan kartu itu merupakan olahraga permainan masyarakat asli dari Sumatera Utara.

“Joker Karo biasa dimainkan untuk menghulangkan kepenatan, hiburan dan kesenangan. Itu mengapa kami sangat mendukung dan mengapresiasi apa yang menjadi gawean Siwo PWi ini,” katanya.

Sementara ketua SIWO PWI Sumut SR Hamonangan Panggabean mengatakan pihaknya sengaja menggelar turnamen biliar tersebut, karena pihaknya melihat Sumatera Utara memiliki potensial yang sangat besar untuk melahirkan pebiliar handal kelas nasional.

Apalagi pada PON lalu di Jawa Barat, cabang biliar berhasil menyumbang satu emas untuk kontingen Sumut atas nama Marlando, demikian juga pada Porwanas lalu juga berhasil meraih medali perunggu.

Artinya, prestasi tersebut harus dapat di pertahankan dan ditingkatkan pada PON mendatang di Papua dan potensi tersebut sangat besar mengingat dewasa ini perkembangan olahraga biliar di Sumut dibawah tangan dingin Salomo Pardede selaku Ketua POBSI sangat pesat.

“Atas dasar itulah kami menggelar kejuaraan biliar ini. Kami ingin tradisi medali dari biliar di PON terus sukses. kami ingin menjadi bagian dari kesuksesan itu dengan turut menggelorakan biliar,” katanya.

Sementara ketua panitia, Puji, mengatakan turnamen biliar tersebut akan digelar mulai 8-11 Maret di Puslit Biliar Jalan Pattimura dengan mempertandingan dua kategori yakni untuk pemula dan untuk wartawan anggota PWI, sementara Joker Karo digelar 18 Maret.

“Bagi yang ingin mendaftar turnamen biliar dan joker karo bisa mendaftar di Puslit dan Kantor PWI. Turnamen biliar untuk wartawan, khusus hanya bagi pemegang kartu biru,” katanya.(LMC/rel)

About Lintas Medan