Home / Medan / Dinilai Arogan, Dirut PD Pasar Menuai Kecaman

Dinilai Arogan, Dirut PD Pasar Menuai Kecaman

image_pdfimage_print

Medan, 28/2 (LintasMedan) – Berbagai kalangan menilai sejumlah kebijakan Direktur Perusahaan Daerah (PD) Pasar, Rudi Sinuraya yang baru saja dilantik oleh Walikota Medan, terkesan arogan.

“PD Pasar itu bukan perusahaan pribadi Rudi Sinuraya, jadi tidak bisa memperlakukan pegawai di lingkungan tersebut secara semena-mena. Memutasi pegawai tanpa alasan yang jelas itu sangat tidak adil bagi pegawai,” sesal ketua DPC Gerindra Kota Medan, Bobby Octavianus Zulkarnain SE didampingi mantan kepala SDM Bank Danamon Regional se-Sumbagut, John Sari Haloho, saat menerima keluhan pegawai PD Pasar Medan baru-baru ini.

Dirut PD Pasar, kata Bobby tidak bisa seenaknya melakukan mutasi hingga tiga kali dalam waktu 1 bulan dirinya menjabat.

Apalagi proses pemutasian pegawai tersebut diduga tanpa berkoordinasi dan melibatkan direksi dimasing-masing bidang.

Menurutnya, Rudi telah menunjukkan kekuasaan yang terkesan telah mempermalulan Walikota Medan, Tengku Dzulmi Eldin yang selama ini dinilai cukup berhati- hati dalam membuat setiap kebijakan.

“Ironis karena justru bawahannya bersikap seperti itu,” ujarnya.

Sementara Komisi C DPRD Kota Medan juga mengecam tindakan terkesan semena – mena Dirut PD Pasar dalam hal melakukan mutasi di lingkungan pegawai perusahaan milik pemerintah kota Medan itu.

“Kami mendukung langkah para karyawan PD Pasar Kota Medan yang berencana melaporkan persoalan itu ke Walikota Medan,” kata Wakil Ketua Komisi C Anton Panggabean.

Apalagi, kata Anton dewan mendapat informasi Rusdi telah mempekerjakan oknum polisi sebagai Dirut ‘bayangan’.

Menurut Anton yang juga Politisi Partai Demokrat, sejak awal pihaknya keberatan dengan pengangkatan Rusdi Sinuraya sebagai Dirut PD Pasar Kota Medan. “Komisi C tidak pernah dilibatkan dalam proses pemilihan direksi PD Pasar Kota Medan itu,” ujarnya.

Sekretaris Komisi C DPRD Kota Medan, Zulkifli Lubis menegaskan komisinya akanmemanggil Dirut PD Pasar Kota Medan untuk meminta penjelasan dari persoalan tersebut.

“Saya juga dengar tadi orang PD Pasar akan melaporkan masalah ini ke polisi. Silahkan saja, untuk membongkar masalah ini,” ungkapnya.

Mewakili karyawan PD Pasar Kota Medan, Kepala Bagian Usaha PD Pasar Medan, Aidil Sofyan mengungkapkan sejak Rusdi Sinuraya memimpin PD Pasar Kota Medan, Rusdi mempekerjakan oknum polisi Bripka Jhon Paul Simanjuntak sebagai Dirut ‘bayangan’.

“Si Jhon Paul Simanjuntak itulah yang sering memerintahkan kami untuk pulang kerja sampai jam enam pagi. Padahal, cuma sekedar bincang-bincang sajanya,” ungkapnya.

Selain itu, para karyawan PD Pasar Kota Medan juga dimintai upeti agar bisa bertahan dan tidak dipecat dari PD Pasar Kota Medan. “Kami inilah yang jadi korban dan kami mau dipecat. Makanya, kami minta bantuan ke dewan,” paparnya.(LMC-02)

About Lintas Medan