Home / Medan / Medan Area Juara Umum MTQ

Medan Area Juara Umum MTQ

image_pdfimage_print

Wali Kota dan Wakil Walikota Medan bersama para juara MTQ tingkat Kota Medan pada acara penutupan, Sabtu (25/3).(Foto:LintasMedan/ist)

Medan, 26/3 (LintasMedan) – Kecamatan Medan Area juara umum Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) ke-50 Tingkat Kota Medan tahun 2016 di Jalan Tri Tura Medan, Sabtu.

Juara dua diraih Kecamatan Medan Perjuangan dan Kecamatan Medan Barat sebagai juara ketiga.

Atas keberhasilan tersebut, Kecamatan Medan Area meraih piala bergilir dari Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin yang menutup langsung pelaksanaan MTQ tersebut. Selanjutnya untuk pelaksanaan MTQN ke-51 tahun 2018, Kecamatan Medan Petisah ditunjuk sebagai tuan rumah.

Wali kota berharap MTQ dapat menjadi motivasi bagi masyarakat Kota Medan dalam mencintai Al Qur’an sekaligus memedominya dalam kehidupan sehari-hari.

“Nuansa kota yang religius harus terus ditumbuhkembangkan di Kota Medan,” ujarnya.

Kepada para pemenang MTQ Eldin berharap mampu mempertahankan prestasi tersebut dan terus mengasah serta mengembangkan minat membaca dan memahami kandungan Al Qur’an.

Hal ini tidak hanya sebagai bekal untuk mengikuti lomba jenjang lebih tinggi, tetapi juga sebagai bekal menjalani kehidupan dunia dan akhirat secara seimbang.

Sebelumnya, Ketua Panitia MTQ ke 50 tingkat Kota Medan Drs Musaddad menjelaskan, para pemenang MTQ ini akan mendapatkan uang pembinaan, diantaranya Cabang Mujawwad/ Hifzil Quran/ Khattil Quran/ Tafsirul Quran, untuk juara I, II dan III masing – masing mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp.4 juta, Rp,3,5 juta dan Rp.3 juta rupiah.

Sedangkan untuk Cabang Musabaqah Fahmil Quran/ Musabaqah Syahril Quran, jelas Musadad, juara I mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp.6 juta/ grup, juara II Rp.5 juta/grup dan juara III mendapatkan Rp.4 juta/grup. Khusus untuk juara Mujawwad dewasa putra/putri dan juara Itahfiz 30 Juz putra/putri mendapat uang pembinaan sebesar Rp.25 juta.

Selanjutnya untuk stand pameran, Musaddad mengatakan, panitia juga memberikan hadiah kepada pemenang . Stand juara pertama mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp.12 juta, juara kedua uang Rp.11 juta dan juara ketiga Rp.10 juta. Sedangkan untuk pemenang Pawai Taaruf, panitia juga memberikan uang pembinaan sebesar Rp.15 juta bagi juara I, Rp.14 juta bagi juara kedua dan Rp.13 juta untuk juara ketiga.

“Alhamdulillah selama sepekan MTQ berlangsung, seluruh kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses. Jumlah qori- dan qoriah yang mengikuti MTQ tahun ini sebanyak 523 orang dan 35 regu yang terdiri dari 18 regu Fahmil Qur’an dan 17 regu Syahril Qur’an,” katanya.

Hadir pada acara penutupan Wakil Wali Kota, Akhyar Nasution, Sekda Kota Medan, Syaiful Bahri Lubis, Ketua TP PKK Kota Medan, Rita Maharani, Wakil Ketua DPRD Medan, Iswanda Nanda Ramli, Kajari Belawan, Yusnani SH, unsur Forkopimda Kota Medan, Ketua MUI Medan, Prof Dr M Hatta, pimpinan SKPD, camat, lurah, tokoh agama, alim-ulama, tokoh pemuda, ormas Islam, serta ibu-ibu pengajian.(LMC-03)

About Lintas Medan