Home / Sumut / Aquafarm-Masyarakat Tigaraja Bersihkan Danau Toba

Aquafarm-Masyarakat Tigaraja Bersihkan Danau Toba

image_pdfimage_print

Salah seorang warga ikut berpartisipasi membersihkan tumbuhan liar di kawasan Danau Toba pada kegiatan bersih-bersih yang digelar PT Aquafarm Nusantara bersama pihak Kelurahan Tigaraja dan masyarakat sekitar, akhir pekan kemarin.(Foto:lintasmedan/ist)

Parapat, 20/6 (LintasMedan) – PT Aquafarm Nusantara (AN) bersama pihak Kelurahan Tigaraja dan masyarakat sekitar, Jumat melakukan pembersihan Danau Toba dalam upaya mendukung pariwisata kawasan itu.

Kegiatan bersih-bersih ini tidak hanya dilakukan di darat saja tapi juga di perairan Danau Toba dari sampah plastik dan eceng gondok.

“Kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan bersama ini rutin kami laksanakan. Ini sebagai wujud tanggungjawab sosial dan lingkungan perusahaan untuk bersama-sama menjaga lingkungan Danau Toba yang bersih dan kualitas air yang tetap terjaga,” kata Pimpinan CSR PT AN Budianto dalam siaran persnya Selasa.

Dikatakannya, gotong royong bersama warga ini dilaksanakan mulai dari pantai Pekan Tigaraja, Parapat, Kabupaten Simalangun. Gotong royong dilakukan dengan membersihkan sampah dan melangsir sampah dari kapal aquaclean milik Aquafarm Nusantara ke angkutan sampah yang ada di Kelurahan Tigaraja.

Selanjutnya, sampah dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) Girsang Sipanganbolon. “Pada prinsipnya PT Aquafarm Nusantara siap mendukung program pemerintah menjadikan Danau Toba menjadi tujuan wisata prioritas nasional yang bersinergi dengan budidaya perikanan,” kata dia.

Kegiatan gotong royong tersebut turut dihadiri Lurah Tigaraja Doni Sinaga, managemen, staf dan karyawan PT AN, Korps Ulubalang serta warga Tigaraja, Parapat, Kabupaten Simalungun.

Sementara itu, Lurah Tigaraja Doni Sinaga mengatakan, gotong royong bersama ini dilakukan berkat kerjasama yang baik, antara pemerintah Kelurahan Tigaraja bersama PT AN.

“Kegiatan bersih-bersih ini juga untuk menjaga dan melestarikan lingkungan Danau Toba khususnya dan juga menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H di kawasan Tigaraja pada umumnya,” kata Doni.

Gotong royong melakukan pembersihan dari sampah-sampah dan eceng gondok menurut dia, juga sebagai salah satu dukungan masyarakat terhadap program pemerintah yang menjadikan Danau Toba sebagai destinasi pariwisata international.

Ke depan kata Doni, pihak Kelurahan Tigaraja beserta warga tetap menjalin kerjasama yang baik dengan PT AN, demi menjaga keindahan dan kebersihan Danau Toba.

“Partisipasi aktif dan kooperatif serta kepedulian PT AN terhadap gotong royong di Tigaraja demi melestarikan kawasan Danau Toba sangat luar biasa. Karena itu, kami mengucapkan terima kasih,” katanya lagi.

Ucapan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya juga disampaikan warga terhadap dukungan PT AN berupa tenaga karyawan dan kapal aquaclean pembersih sampah.(LMc/rel)

About Lintas Medan