Home / Medan / Arab Saudi Berencana Bangun Kampus LIPIA di Sumut

Arab Saudi Berencana Bangun Kampus LIPIA di Sumut

image_pdfimage_print

Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi (kedua kanan) dan rombongan pejabat Kementerian Pendidikan Arab Saudi, membahas rencana pembangunan kampus Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) , di Medan, Jumat (9/2). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 9/2 (LintasMedan) – Pemerintah Arab Saudi berencana merealisasikan pembangunan gedung kampus Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) di lahan Islamic Center Sumatera Utara (Sumut), Kabupaten Deli Serdang.

Rencana pembangunan kampus LIPIA tersebut kembali disampaikan rombongan pejabat Kementerian Pendidikan Arab Saudi yang dipimpin Abdullah As Sulami saat melakukan audiensi dengan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi di Medan, Jumat.

“Pemerintah Arab Saudi sangat antusias kampus LIPIA segera dibangun. Untuk itu, kita meminta keseriusan dan site plan rencana pembangunan kampus tersebut yang segera akan dilaksanakan,” kata Gubernur.

Disebutkannya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut merencanakan mendukung rencana pembangunan kampus LIPIA di lokasi Islamic Centre yang lahannya telah dibebaskan oleh Kementerian BUMN.

Erry berharap, keberadaan kampus tersebut kelak akan semakin mempererat hubungan bilateral antara Pemerintah Arab saudi dengan Pemerintah RI, termasuk dengan Provinsi Sumut.

Pada pertemuan yang berlangsung dalam suasana penuh keakraban itu, pejabat Kementerian Pendidikan Arab saudi, Abdullah As Sulami mengemukakan pihaknya membutuhkan lahan seluas tiga hingga lima hektar.

“Kami berterima atas respon positif Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang sangat menyambut baik rencana pembangunan kampus LIPIA,” ujarnya didampingi Direktur LIPIA Dr Ayed Alsaidi.

Karena itu, pihaknya berjanji segera menyiapkan perencanaan dan desain kampus LIPIA sehingga pembangunan fisik sejumlah gedung kampus tersebut bisa segera direalisasikan. (LMC-03)

About Lintas Medan