Home / Medan / Menteri LHK Puji Kota Medan Soal Sampah

Menteri LHK Puji Kota Medan Soal Sampah

image_pdfimage_print

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Siti Nurbaya didampingi Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dan Wali Kota Medan Dzulmi Eldin pada peringatan Hari Bumi. yang dirangkai dengan launching Medan Zero Waste City 2020. di Lapangan Merdeka, Minggu. (22/4) (Foto:LintasMedan/ist)

Medan, 22/4 (LintasMedan) – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Siti Nurbaya, memberi apresiasi kepada Wali Kota Dzulmi Eldin, sebab Medan berperan menjadi tuan rumah penyelenggaraan peringatan Hari Bumi.

Siti Nurbaya juga mengaku kagum atas antusias kehadiran masyarakat serta para aktivis lingkungan di kegiatan yang digelar di Lapangan Merdeka, Minggu.

Melihat tingginya antusias kehadiran masyarakat serta para aktivis lingkungan, dia menilai telah terjalin sinergis antara aktivis dan Pemko Medan dalam menjaga lingkungan hidup bersama.

“Saya minta seluruh kabupaten dan kota di Indonesia bisa mencontoh Kota Medan dalam menjaga dan merawat bumi serta lingkungan, termasuk pengelolaan sampah,” katanya pada acara yang dirangkai dengan launching Medan Zero Waste City 2020.

Dia berharap penanggulangan sampah semakin sistematis sehingga Medan menjad terdepan dalam penerapan program Zero Waste City di Indonesia.

Selain launching Medan Zero Waste City 2020, peringatan Hari Bumi juga dimeriahkan dengan karnaval, upacara, pelepasan selubung mural tagline Medan Zero Waste City 2020, pemberian hadiah kepada aktifis dan pemerhati lingkungan, bazar, pembagian bibit tanaman serta panggung hiburan rakyat dengan menghadiri penyanyi ibukota Shandy Sondoro.

Menteri mengatakan, sangat penting menjaga dan merawat bumi. Sebab, tidak ada alternatif tempat tinggal lain di alam semesta ini, kecuali planet bumi. Oleh karenanya dituntut peran dan perhatian semua pihak sehingga lahir gerakan bersama guna mewujudkan bumi yang nyaman untuk dihuni.

Dia optimis gerakan bersama dapat dilakukan di wilayah ini melihat Gubernur, Wali kota dan Walhi hadir serta duduk bersama dalam peringatan Hari Bumi.

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin menyampaikan peringatan Hari Bumi merupakan wujud refleksi akan keadaan bumi. “Saat ini bumi kian menua dan semakin banyak pula beban yang dipikulnya sehingga perlu selalu dijaga dan dirawat,” katanya.

Dikatakannya, salah satu langkah kongkrit untuk mengurangi beban polusi bagi bumi adalah dengan mengelola sampah, sehingga pencemaran di atas bumi dapat ditekan.(LMC-02)

About Lintas Medan