Home / Medan / Pedagang Pasar Pringgan Demo Minta Pemko Medan Tegas

Pedagang Pasar Pringgan Demo Minta Pemko Medan Tegas

image_pdfimage_print

Medan, 24/4 (LintasMedan) – Seratusan pedagang Pasar Pringgan berunjuk rasa di kantor Wali Kota dan DPRD Medan, Selasa.

Dalam aksinya pendemo minta Pemerintah tegas menjalankan perjanjian kerjasama antara Pemko Medan dan PT Parbens dengan nomor 511.2/644 dan nomor 01/SP-Kon/P/I/18 tertanggal 25 Januari 2018 tentang sewa pengelolaan kios bekas Pasar Peringgan dan Lantai 5 (Iguana) Gedung Plaza Medan Baru. Perjanjian itu ditandatangani Sekda Kota Medan Syaiful Bahri Lubis

“Sampai saat ini sudah delapan kali rapat di Pemko dan DPRD Medan, PT Parbens belum bisa masuk dan mengelola Pasar Peringan karena PD Pasar terkesan menghambat dengan meminta ganti rugi Rp1,2 miliar untuk biaya perawatan kios dan stand,” kata Manalu salah seorang demonstran.

Para pedagang, kata dia juga diwajibkan membayar sewa tanpa kuitansi.

Manalu yang didampingi demontran lainnya yakni, Julia dan Boru Situmorang menyebutkan selama empat bulan PD Pasar mengelola Pasar Peringgan, setelah pengalihan dari PT Triwira Lokajaya, ratusan pedagang telah dikutip uang kontribusi tempat berjualan.

Pengutipan menurutnya dengan jumlah bervariasi mulai Rp 8juta hingga Rp15 juta.

“Dari penarikan kontribusi tempat berjualan terhadap 500 dari 786 jumlah pedagang itu diperkirakan sudah terkumpul uang sebanyak Rp2 miliar lebih,” bebernya

Ironisnya, sesal Manalu PD Pasar Medan juga meminta uang ganti rugi kepada PT Parbens dengan alasan biaya untuk renovasi kios stand selama 4 bulan masa peralihan sebesar Rp1,2 miliar.

“Pemko Medan harus mengetahui secara detail persoalan ini secara transparan,” katanya.

Dia juga meminta PD Pasar segera menyerahkan data-data pedagang Pasar Peringgan yang sudah membayar kontribusi.

Sayangnya saat berapa kali rapat di Pemko Medan, PD Pasar terkesan menyembunyikan dan tidak berkenan menyerahkan data-data pedagang yang sudah membayar tersebut.

Para pedagang diterima diterima Kabag Ekonomi Pemko Medan, Nasib S Soss dan meminta pedagang bersabar. “Kami akan melakukan rapat dengan PD pasar dan pihak terkait lainnya serta akan memberitahukan pengelolaan Pasar Peringgan tanggal 30 Aprl 2018 mendatang,” katanya.

Pendemo kemudian beralih menggelar aksi digeung DPRD Medan dan diterima Ketua Komisi C DPRD Medan Hendra didampingi Mulia Asli Rambe yang berjanji akan melanjutkan persoalan ini.

“Kita kembali jadwalkan memanggil pihak-pihak terkait,” ujar Hendra.

Secara terpisah Manajer PT Parbens David Rony Ganda Sinaga, ketika dihubungi menyebutkan, belum mengutip uang kontribusi kepada pedagang Pasar peringgan pasca Pemko Medan menyerahkan pengelolaan Pasar Peringgan kepada PT Parbens sejak tanggal 25 Januari 2018.
“Soal harga kios kita tetap akan berkordinasi dengan pedagang dan tetap melakukan azas musyawarah dan sosialisasi untuk kesejahteraan pedagang,” katanya.(LMC-02)

 

About Lintas Medan