Home / Medan / Medan-Madina Tandatangani Kerja Sama Antardaerah

Medan-Madina Tandatangani Kerja Sama Antardaerah

image_pdfimage_print

Menko Perekonomian RI Darmin Nasution (kiri) menyaksikan kesepakatan kerja sama antara Pemko Medan dengan Pemkab Mandailing Natal (Madina) yang ditandatangani Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (ketiga kiri) dan Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution (kanan),  di komplek perkantoran Pemkab Madina, Kecamatan Panyabungan Kota, Jumat (11/5) malam. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 11/5 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mandailing Natal sepakat menjalin kerja sama penyelenggaraan urusan pemerintahan antardaerah tahun yang acara penandatanganannya disaksikan oleh Menteri Perekonomian RI, Darmin Nasution.

Siaran pers Humas Pemkot Medan yang diterima lintasmedan.com, Sabtu, menyebutkan, naskah kesepahaman bersama (MoU) tersebut ditandatangani Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin dan Bupati Mandailing Natal (Madina) Dahlan Hasan Nasution di lokasi pertapakan rumah sakit komplek perkantoran Bupati Madina, Kecamatan Penyabungan Kota, Kabupaten Madina, Jumat (11/5) malam.

Lingkup kerja sama itu meliputi, antara lain bidang budaya, pariwisata, teknologi informasi dan bidang pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

“MoU ini bisa kita jadikan sebagai dasar untuk melaksanakan berbagai bentuk kerja sama daerah dalam rangka menciptakan harmonisasi pengelolaan berbagai program pembangunan antarkedua wilayah,” kata Walikota Medan.

Selain itu, lanjut dia, kesepakatan kerja sama itu juga bisa dijadikan sebagai landasan pemanfaatan dan pengembangan potensi yang memiliki keterkaitan dan saling membutuhkan, sebab secara geografis Kota Medan dan Kabupaten Madina masih berada di wilayah Provinsi Sumut.

Jika program tersebut bisa dilaksanakan dengan baik dan berkesinambungan, Eldin menyatakan optimis tujuan yang ingin dicapai yakni meningkatkan kualitas pemerintahan, pembangunan, perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat Kota Medan dan Madina dapat terwujud dengan hasil gemilang.

Lebih lanjut Walikota Medan berharap agar MoU itu bisa dimanfaatkan menjadi landasan kedua daerah untuk saling tolong menolong dalam membantu mengembangkan berbagai potensi sumber daya alam dan SDM yang dimiliki masing-masing wilayah.

“Melalui kerja sama ini, insha Allah kita mampu melaksanakan berbagai program secara optimal seraya saling memberikan masukan yang berguna bagi kedua wilayah,” tuturnya.

Harapan hampir senada juga diungkapkan Bupati Madina, Dahlan Hasan Nasution. Pihaknya berharap penandatanganan MoU yang dilakukan Pemkab Madina dan Pemko Natal dapat membawa kebaikan bagi kedua wilayah, terutama dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk itu kerjasama ini akan kita lakukan secara optimal,” ujar Dahlan.

Sementara itu, Menko Perekonomian Darmin Nasution saat menyampaikan kata sambutan, mengemukakan bahwa kesepakatan kerja sama yang dilakukan antara Pemkab Madina dengan Pemko Medan dinilai efektif mempererat hubungan dan komunikasi antarkedua daerah.

“Semoga kerja sama antara Pemerintah Kota Medan dengan Pemerintah Kabupaten Madina akan mendatangkan kebaikan bagi masyarakat dari kedua wilayah,” ujarnya.

Hadir dalam acara itu, antara lain Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution, Ketua DPRD Madina Hj Leli Hartati, Sekdakab Madina M Syafei Lubis, Ketua TP PKK Pemkab Madina Ika Desika Dahlan Hasan, unsur Forkopimda Kabupaten Madina, tokoh masyarakat asal Madina Komjen Pol. (Purn) Saud Usman Nasution serta mantan walikota Medan Abdillah, Afifuddin Lubis dan sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan.  (LMC-05)

About Lintas Medan