Home / Sumut / SMAN IV Tebing Tinggi Tinjau Proses Pembenihan Ikan Aquafarm

SMAN IV Tebing Tinggi Tinjau Proses Pembenihan Ikan Aquafarm

image_pdfimage_print

Siswa kelas X dan XI IPA SMAN IV Tebing Tinggi didampingi Komite Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan guru kelas saat mengunjungi unit pembenihan PT. Aquafarm Nusantara (Aquafarm) di Desa Naga Kisar, Kecamatan Pantai Cermin, Kab. Serdang Bedagai, pekan lalu. (Foto:lintasmedan/ist)

SerdangBedagai, 18/5 (LintasMedan) – Seratusan siswa kelas X dan XI IPA SMAN IV Tebing Tinggi didampingi Komite Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan guru kelas mengunjungi unit pembenihan PT. Aquafarm Nusantara (Aquafarm) di Desa Naga Kisar, Kecamatan Pantai Cermin, Kab. Serdang Bedagai, pekan lalu.

Rombongan, diantaranya Wakil Kepala Sekolah yang juga koordinator kunjungan lapangan Rimmarita Purba, SPd, diterima Manajemen Aquafarm dari Kantor Medan dan area Sergai.

Rimmarita menjelaskan tujuan kunjungan untuk menambah wawasan anak didik terkait dengan proses pembenihan ikan nila. “Sebagai perusahaan budidaya ikan air tawar terbesar di Indonesia, kami menganggap Aquafarm adalah tempat belajar lapangan yang paling tepat bagi siswa,” katanya.

Kunjungan lapangan, kata dia untuk menambah ilmu pengetahuan secara nyata bukan hanya sekedar teori, melihat langsung proses budidaya ikan.

“Kami cukup senang bisa berkunjung dan diterima dengan baik di Aquafarm”, ucapnya.

Komite Sekolah SMA-N IV Syaiful Bahri juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebanyak-banyak kepada Aquafarm atas diterimanya kunjungan siswa/i kami sehingga berkesempatan untuk dapat menambah pengetahuan tentang proses pembenihan ikan nila.
Pihaknya memandang kegiatan belajar lapangan merupakan hal yang penting untuk meningkatkan pengetahuan siswa.

“Sebelum melakukan kunjungan kami dari tim dewan guru melakukan pembekalan pra kunjungan agar di saat di lapangan para anak didik tidak canggung dan dapat menerima materi yang disampaikan dengan baik,’paparnya.

Di lapangan para siswa mendapat bimbingan dan pengarahan dari Asisten Manager Unit Pembenihan PT Aquafarm Nusantara, Khairuddin didampingi staf manajemen lainnya yakni Akhmad Syarifuddin Berutu, Syofyan Efendi dan Sahrial.

Mereka memberikan penjelasan kepada siswa/i terkait proses budidaya ikan dan membagi menjadi 4 kelompok, selanjutnya langsung ke kolam pemijahan, kolam pendederan dan kolam penampungan yang didampingi oleh staf produksi Rikaudin Budi, Suherman, dan Edi Utomo sekaligus memberikan penjelasan terkait pertanyaan yang disampaikan oleh para siswa/I SMA-N T. Tinggi.

Siswa diajak untuk melihat kolam pembenihan dan diberikan penjelasan secara utuh tentang tahapan proses pembenihan dan berbagai upaya yang dilakukan untuk menghasilkan benih unggul kualitas premium. Termasuk waktu pemeliharaan sebelum dikirim ke Unit Pembesaran Toba, dan cara budidaya ikan yang baik sesuai dengan prinsip budidaya perikanan yang bertanggung jawab. Para siswa belajar sangat antusias dan memiliki rasa ingin tahu yang besar.

Mereka aktif menyampaikan pertanyaan terkait dengan proses budidaya, dan dijawab dengan sabar oleh Khairuddin dan tim.

Akhmad Syarifuddin Berutu, staf Humas Kantor Medan didampingi Koordinator Humas dan CSR area Sergai Syofyan Efendi dan Sahrial menyampaikan bahwa Aquafarm membuka ruang bagi siswa untuk belajar lapangan tentang budidaya perikanan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. “Semoga dengan kunjungan ini menambah keberkahan ilmu dan bermanfaat kepada anak didik, juga tentunya keberkahan bagi PT Aquafarm Nusantara”, harapnya.(LMC/rel)

 

About Lintas Medan