Home / Headline / Ragam Batik Medan Tampil di “Inbox Carnaval”

Ragam Batik Medan Tampil di “Inbox Carnaval”

image_pdfimage_print

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Medan Rita Maharani Dzulmi Eldin(kedua kiri, depan)  memperkenalkan ragam motif batik khas Medan yang diperagakan oleh para model, di sela acara peragaan busana yang digelar dalam rangkaian acara hiburan bertajuk “Inbox Carnaval 2018” di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (15/7). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 15/7 (LintasMedan) – Keindahan dan keragaman kain batik khas Medan turut ditampilkan di acara hiburan dan seni bertajuk “Inbox Carnaval” 2018 yang digelar Pemerintah Kota (Pemko) Medan dalam rangka menyemarakkan HUT ke-428 ibu kota Provinsi Sumatera Utara tersebut.

Batik Medan yang dihasilkan para pengrajin binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan Tim Penggerak PKK Kota Medan itu, diperagakan oleh para model dari kalangan anak-anak dan dewasa.

Dalam acara yang dipandu oleh empat host terkenal asal Jakarta, masing-masing Sinyo Rita, Ria Ricis, Rangga dan Fero, Ketua Dekranasda Medan Rita Maharani Dzulmi Eldin menjelaskan bahwa produk batik Medan dewasa ini sudah semakin dikenal oleh masyarakat di dalam negeri dan sejumlah negara.

“Batik Medan dirancang dengan modifikasi dan gaya yang mengikuti perkembangan zaman. Karena itu, batik Medan tidak kalah jika dibandingkan kain-kain khas daeran lain,” paparnya.

Kehadiran batik Medan, menurut Rita, bukan untuk menyaingi batik Jawa, tetapi justru untuk menambah dan meramaikan koleksi fashion khas daerah yang sudah ada di negeri ini.

Acara peragaan busana batik Medan berlangsung di sela pertunjukan grup musik dari Jakarta, antara lain band Virgoun, Last Child serta Duo Racun dan pesulap terkenal Demian Aditya.

Sebelum acara hiburan tersebut dimulai, di sekitar lokasi acara sekitar pukul 06.00 WIB digelar senam jantung sehat dan car free day atau hari tanpa kendaraan bermotor.

Kegiatan olahraga yang diikuti ribuan warga itu, turut dihadiri Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin bersama Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution serta para pimpinan organisasi perangkat daerah, camat, lurah dan kepala lingkungan.

Walikota Medan dalam kata sambutannya beberapa saat sebelum menutup puncak acara hiburan dalam rangka HUT Kota Medan tersebut, menyampaikan terima kasih kepada stasiun televisi SCTV yang telah berpartisipasi menggelar program musik unggulannya “Inbox Carnaval” di Medan.

Melalui penayangan acara tersebut, pihaknya berharap aneka ragam produk kerajinan dan kuliner khas Medan semakin dikenal ke seluruh nusantara.

Walikota juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga Kota Medan yang telah mengikuti dan mendukung seluruh rangkaian kegiatan yang digelar Pemko Medan dalam rangka memeriahkan HUT ke-428 kota itu.

” Terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Medan yang telah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang kita gelar. Mari terus kita dukung pembangunan Kota Medan serta senantiasa kita jaga keamanan dan kekondusifannya, sebab Medan Rumah Kita,” kata Dzulmi Eldin. (LMC-04)

About Lintas Medan