Home / Medan / Lansia Belum dapat Pelayanan Maksimal di Sumut

Lansia Belum dapat Pelayanan Maksimal di Sumut

image_pdfimage_print

Pj Gubernur Sumut Eko Subowo menyalami salah seorang Lansia pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Provinsi Sumatera Utara di Aula Raja Inal Siregar, Lt 2 Kantor Gubernur Sumut, Selasa (17/7).(Foto:lintasmedan/ist)

Medan, 17/7 (LintasMedan) – Ketua Lembaga Lansia Sumatera Utara Prof Dr H Darmono MEd meminta pemerintah setempat memberikan segala bentuk pelayanan publik kepada para Lanjut Usia (lansia).

Dia bahkan menilai Lansia belum mendapat pelayanan maksimal di Sumut.

“Ruang publik belum sensitif terhadap lansia. Contohnya mereka masih berdesak desakan dengan yang muda-muda di berbagai fasilitas publik, apakah di terminal bus, di stasiun kereta api atau di tempat manapun,” katanya pada acara peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Provinsi Sumatera Utara di Aula Raja Inal Siregar, Lt 2 Kantor Gubernur Sumut, Selasa.

Mewakili para Lansia, Darmono juga menilai ruang berkumpul yang representatif untuk organisasi lansia juga belum tersedia.

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Sumatera Utara 2018 bertema “Lansia Sejahtera Masyarakat Bahagia”.

Pj Gubernur Sumut Eko Subowo yang hadir di acara itu mengatakan
menjadikan lansia sejahtera lahir dan batin merupakan tanggungjawab bersama, pemerintah dan intitusi masyarakat termasuk organisasi sosial, organisasi profesi, dunia akademi, dunia usaha dan semua lapisan masyarakat.

Dia mengajak semua pihak untuk menciptakan suasana yang mendukung terjadinya perubahan dan prilaku lansia yang sehat dan produktif.

“Kita minta kepada OPD terkait agar lebih memperhatikan program yang bersentuhan dengan penanganan lansia,” katanya pada acara yang dihadiri Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), BKOW, Yayasan Prestasi Lansia, Warakawuri Sumut dan berbagai kelompok lansia se-Sumut.(LMC-02)

About Lintas Medan