Home / Headline / Sekdaprov Sumut Dorong Tirtanadi Terus Berinovasi

Sekdaprov Sumut Dorong Tirtanadi Terus Berinovasi

image_pdfimage_print

Ketua Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi yang juga Sekretaris Daerah Provinsi Sumut R Sabrina (tengah) memimpin rapat kerja bersama jajaran direksi PDAM Tirtanadi di Medan, Jumat (20/7). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 20/7 (LintasMedan) – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara, R Sabrina mendorong Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi untuk terus berinovasi dalam hal mengelola air bersih dan air limbah tinja

“Terus lakukan inovasi. Sebab, unit pengolahan limbah tinja PDAM Tirtanadi selama ini masih sebatas mengelola limbah tinja, belum sampai kepada pemanfaatan,” katanya saat memimpin rapat kerja yang dihadiri jajaran Dewan Pengawas, direksi dan para manager PDAM Tirtanadi di Medan, Jumat.

Sabrina yang juga Ketua Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi yang baru, mengemukakan bahwa air limbah tinja jika diolah dengan menggunakan teknologi canggih tidak tertutup kemungkinan dapat menghasilkan air baku untuk dipergunakan kembali.

“Apakah bisa nanti di recycle atau diolah menjadi air baku untuk digunakan kembali. Dari limbahnya sendiri (tinja), karena kita sudah punya unit pengolahannya, sambil dikembangkan, sudah diuji coba sekarang agar bisa dijadikan pupuk dan briket (sumber bahan bakar),” paparnya.

Inovasi berikutnya yang perlu dikembangkan oleh PDAM Tirtanadi, yaitu memproduksi air kemasan siap minum.

Melalui kegiatan produksi air kemasan siap minum tersebut, ia meyakini Tirtanadi secara komersial berpeluang meningkatkan pendapatan, selain operasional air bersih sebagai produksi utama.

Lebih lanjut ia menekanan bahwa PDAM Tirtanadi sebagai badan usaha milik daerah (BUMD) yang bernaung di bawah Pemprov Sumut harus senantiasa melayani masyarakat.

Saat ini, kata Sabrina, jangkauan pelayanan air bersih yang dikelola oleh Tirtanadi sudah mencapai 83 persen dari kebutuhan.

Dengan demikian, menurut dia, syarat untuk memberikan pendapatan asli daerah (PAD) terpenuhi dan kini BUMD tersebut sudah berkontribusi terhadap APBD Sumut.

“Besaran PAD juga akan kami tetapkan, berapa yang harus diberikan PDAM Tirtanadi,” ujarnya.

Dengan potensi dan dorongan itu, Sabrina bersama Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi lainnya berharap sekaligus bertekad untuk bisa menurunkan tarif air bersih bagi masyarakat.

Jika tekad tersebut kelak bisa direalisasikan, kata dia, tentunya hasil kerja keras tersebut adalah sebuah kebanggaan bagi seluruh jajaran PDAM Tirtanadi.

“Mohon didukung agar penurunan tarif bisa kita wujudkan. Walaupun belum tahu kapan, tetapi mudah-mudahan segera. Kalau banyak keuntungan dengan banyak cabang usaha, saya meyakinkan tarif bisa turun,” ujar Sabrina.

Sementara itu, Dirut PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo pada kesempatan itu menyampaikan perkembangan perusahaan dalam beberapa tahun terakhir, termasuk kinerja pengolahan air limbah.

Dia juga melaporkan beberapa kerja sama dan bantuan dari berbagai sumber guna mendukung pelayanan kepada masyarakat.

“Khusus mengenai rencana pengembangan instalasi pengolahan air limbah, kami saat ini sedang mengupayakan sejumlah lahan,” ucap Sutedi.

Rapat kerja tersebut turut dihadiri Asisten Ekbang Setdaprov Sumut Ibnu Hutomo dan Sekretaris Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi Hasban Ritonga. (LMC-02)

About Lintas Medan