Home / Medan / Medan Terima Penghargaan Kota Layak Anak 2018

Medan Terima Penghargaan Kota Layak Anak 2018

image_pdfimage_print

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI Yohana Yembise (kiri) menyerahkan penghargaan Kota Layak Anak tahun 2018 kepada Pemerintah Kota Medan yang diterima oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Medan Damikrot Harahap (kanan), di Surabaya, Jawa Timur, Senin (23/7) malam. (Foto: LintasMedan/ist)

Surabaya, 24/7 (LintasMedan) – Pemerintah Kota Medan menerima penghargaan sebagai Kota Layak Anak (KLA) tahun 2018 atas kepedulian pada anak dan hak-hak anak.

Siaran pers Humas Setdako Medan, menyebutkan penghargaan tersebut diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI Yohana Yembise kepada Walikota Medan yang diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Medan Damikrot Harahap, di Surabaya, Jawa Timur, Senin (23/7) malam.

Dalam acara yang digelar bersamaan dengan puncak peringatan Hari Anak Nasional 2018 tersebut, penghargaan serupa juga diberikan kepada 177 pemerintah kabupaten dan kota lainnya.

Damikrot mengatakan, tekad Pemko Medan untuk menjadikan wilayahnya sebagai Kota Layak Anak telah dilakukan sejak tahun 2011 dengan menetapkan dua dari 151 kelurahan sebagai kawasan Layak Anak.

“Kebijakan itu merupakan bukti keseriusan Pemko Medan untuk mewujudkan Medan sebagai Kota Layak Anak,” ujarnya.

Terkait dengan kebijakan tersebut, Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin menerbitkan Surat Keputusan No.463/1100.K/XII/2017 tentang pembentukan Gugus Kota Layak Anak Kota Medan yang mempunyai tugas diantaranya mengkoordinasikan pelaksanaan kebijakan dan pengembangan KLA.

Kemudian melakukan sosialisasi, advokasi, informasi dan edukasi kebijakan KLA.

“Semua yang dilakukan ini demi anak kita selaku generasi penerus bangsa. Karena itu Pemko Medan harus berupaya memenuhi segala hak anak sekaligus memberikan perlindungan terhadap mereka,” ujar Damikrot.

Ia menambahkan, anak harus mendapatkan pendidikan dan perlakuan yang baik serta perhatian serius dalam kehidupannya sehari-hari, sehingga mutlak dibutuhkan optimalisasi peran nyata dari para orang tua.

Selain anak-anak, kata dia, Pemko Medan juga akan terus berupaya melakukan berbagai terobosan dalam hal peningkatan kesejahteraan dan pemberian pelayanan terbaik kepada masyarakat. (LMC-04)

About Lintas Medan