Home / Sports / Deliserdang Juara Umum Pencak Silat Popda Sumut

Deliserdang Juara Umum Pencak Silat Popda Sumut

image_pdfimage_print

Padangsidimpuan, 26/7 (LintasMedan) – Kontingen Kabupaten Deliserdang keluar sebagai juara umum cabang olahraga (Cabor) pencak Silat Pekan Olahraga Daerah Sumatera Utara (Popdasu) XiiI 2018, yang berakhir Kamis (26/7) malam, di GOR Serba Guna Harapan Bunda, Kota Padangsidimpuan.

Kabupaten Deliserdang tampil sebagai juara umum, setelah mengoleksi 12 medali emas, 1 perak dan 6 perunggu. Posisi kedua ditempati Kabupaten Karo dengan raihan 4 medali emas, 2 perak dan 4 perunggu.

Sementara Kabupaten Langkat berada di tempat ketiga dengan meraih 3 medali emas, 5 perak dan 4 perunggu, kemudian disusul Kota Sibolga dengan 2 medali emas, 1 perak dan 2 perunggu.

Tempat kelima dihuni oleh Kabupaten Asahan dengan raihan 1 medali emas dan 1 perak, serta posisi keenam adalah Kabupaten Pakpak Bharat dengan 1 medali emas dan 4 perunggu. Sementara daerah lainnya belumm berhasil meraih medali emas.

Sebanyak 12 medali emas Kabupaten Deliserdang dipersembahkan oleh pesilat Rio FajarIbra dari kategori tunggal putra, Ajeng Ayu Ningrum (tunggal putri), Tegar Dwi Laksono/M rinaldi (ganda putra), Ajeng Ayu Ningrum/Mutya Hayati Syahfitri (ganda putri), Rendi nugraha/Perdana Arian Putra/Panca Dari Syahputra (beregu putra), herdiansyah (kelas B putra), Suci Ssyahpitri (kelas B putri), Fahri Alfriawanda (kelas D putra), Yudi Nawawi (kelas E putra), M Alinuari (kelas G putra), Ikhsan Fauzi Abdullah 9kelas H putra) dan Fajar Ikhsan Damanik (kelas I putra).

Medali perak Kabupaten Deliserdang dipersembahkan oleh Ssiti Rahma (kelas E putri), serta medali perunggu diraih melalui Dwi Maya Sari/Intan Dwi Nadmi Ndraha/Sintia Wulandari (beregu putri), M Irham (kelas A putra), Nurul Fadhilah Azzahra (kelas A putri), Riski Handoko (kelas F putra), Dhea Puspita (kelas F putri) dan Sela Al Aini.

Wakil Ketua Pengprov IPSI Sumut H Bahadur Marahimin usai kejuaraan mengatakan, untuk pelaksanaan Popdasu tahun ini ada sedikit peningkatan prestasi para pesilat dari daerah lain di Sumut. “Hal ini bisa kita lihat persaingan memperebutkan gelar juara cukup ketat,’ katanya.

Namun, Bahadur mengakui dominasi pesilat Kabupaten Deliserdang belum bisa terimbang. Hal inii dibukti hampir di semua kelas mereka menempatkan pesilatnya sebagi peraih medali.

“Prestasi yang diraih pesilat Deliserdang ini tidak terlepas dari peralatan latihan yang mereka dimiliki sudah cukup lengkap. Tapi saya akui, daerah lain juga sudah terlihat banyak yang menonjol di Popdasu ini,” jelasnya.

Untuk itu, Bahadur mengharapkan, ke depan pesilat pelajar daerah lainnya di Sumut terutama pesilat tuan rumah Padangsidimpuan harus melahirkan pesilat-pesilat berprestasi, Karena sekarang ini mereka telah memiliki matras latihan.

“Salah satu persyaratan meningkatkan prestasi atlet silat adalah dengan adanya matras, Untuk itu, saya harapkan prestasi pesilat Padangsidimpuan ke depannya harus ada peningkatan.(LMC-02)

About Lintas Medan