Home / Medan / Walikota Medan Pimpin Ziarah Peringati Hari Veteran

Walikota Medan Pimpin Ziarah Peringati Hari Veteran

image_pdfimage_print

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (kedua kanan) didampingi Sekda Kota Medan Syaiful Bahri (ketiga kanan) melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Bukit Barisan Medan dalam rangka memperingati Hari Veteran Nasional tahun 2018, Jumat (10/8). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 10/8 (LintasMedan) – Walikota Medan, H.T Dzulmi Eldin memimpin upacara ziarah dalam rangka peringatan Hari Veteran Nasional di Taman Makam Pahlawan Medan, Jumat (10/8).

Kegiatan tersebut turut dihadiri para pejabat di lingkungan Pemko setempat dan sejumlah camat.

Upacara ziarah diawali dengan mengheningkan cipta dan dilanjutkan dengan meletakkan karangan bunga di tugu pahlawan serta melakukan tabur bunga dan doa di pusara para pahlawan dan veteran kemerdekaan RI.

Walikota didampingi Sekda Kota Medan Syaiful Bahri Lubis mengawali ziarah ke pusara mantan walikota Medan Agus Salim Rangkuti.

Selanjutnya, melakukan ziarah ke pusara veteran RI yang bernama H.M Rizan dan A Rachman Ishaq, mantan gubernur Sumut Raja Inal Siregar dan pusara mantan walikota Medan H.M Saleh Arifin.

Usai memimpin ziarah, Walikota Medan Dzulmi Eldin mengatakan bahwa pelaksanaan ziarah, tabur bunga dan pembacaan doa yang dilakukan tersebut tidak semata-sama untuk memberikan penghormatan sekaligus bentuk rasa terima kasih atas perjuangan yang telah dilakukan oleh para pahlawan maupun veteran, tetapi juga sebagai bentuk perenungan.

“Ziarah ini sebagai bentuk perenungan bagi kita, terutama para generasi muda selaku penerus bangsa Indonesia,” ujarnya.

Kalangan generasi muda, menurut dia, harus mengetahui dan memaknai betapa pentingnya patriotisme dan semangat nasionalisme yang menjadi dasar perjuangan para pahlawan.

Sebagaimana diketahui, peringatan Hari Veteran Nasional bertujuan untuk mengenang gencatan senjata pada 10 Agustus 1949 setelah pejuang kemerdekaan melawan Belanda di Surakarta, Jawa Tengah.

Penetapan 10 Agustus sebagai Hari Veteran Nasional dicanangkan oleh Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta tahun 2014 dan termaktub dalam Keputusan Presiden Nomor 30 Tahun 2014. (LMC-04)

About Lintas Medan

Leave a Reply