Home / Headline / Pemprov Sumut Galang Dana untuk Korban Gempa Lombok

Pemprov Sumut Galang Dana untuk Korban Gempa Lombok

image_pdfimage_print

Penjabat Gubernur Sumut Eko Subowo (kiri) menerima secara simbolis bantuan dana untuk disalurkan kepada para korban gempa di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) usai meluncurkan ‘Gerakan Sumut Peduli Bencana Lombok’, di halaman  kantor gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Jumat (10/8). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 11/8 (LintasMedan) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menggalang dana untuk korban gempa bumi di Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai bentuk solidaritas.

Kegiatan yang dikemas dalam ‘Gerakan Sumut Peduli Bencana Lombok’ tersebut diluncurkan dalam sebuah acara oleh Penjabat Gubernur Sumut Eko Subowo di Medan, Jumat.

“Kita membantu untuk meringankan beban mereka,” ujar Eko Subowo di sela acara melepas para relawan yang akan ikut serta membantu warga di NTB yang terdampak gempa.

Ia menjelaskan, Pemprov Sumut juga membuka posko termasuk didalamnya membuka rekening untuk sumbangan sukarela bagi masyarakat, pegawai, organisasi, BUMN, dan BUMD yang akan menyumbangkan secara sukarela untuk korban bencana alam di Lombok.

Gerakan penggalangan dana untuk bantuan kemanusiaan tersebut akan melibatkan seluruh potensi masyarakat termasuk didalamnya Aparatur Sipil Negara (ASN) dan BUMD di lingkungan Pemprov Sumut.

Eko juga mengapresiasi inisiatif Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumut yang akan mengadakan dinner party dalam rangka pengumpulan donasi dari BUMN/BUMD untuk rekonstruksi dan rehabilitasi pasca bencana gempa Lombok.

Bencana gempa yang melanda wilayah Lombok pada 5 Agustus 2018 hingga saat ini menimbulkan korban jiwa sebanyak 259 orang, korban luka-luka 1.033 orang dan 270.168 pengungsi.

Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir, menjelaskan bahwa terdapat sekitar 298 kepala keluarga (KK) komunitas masyarakat Sumut yang bermukim di Lombok NTB dengan sebutan Saroha (Satu hati) yang memerlukan bantuan dari Sumut khususnya.

Pihaknya juga telah mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat Sumut, BUMN/BUMD dan seluruh ASN Provinsi dan kabupaten/kota untuk dapat mendonasikan bantuannya kepada korban bencana gempa Lombok.

Pada saat ‘Gerakan Sumut Peduli Bencana Lombok’ diluncurkan, jumlah dana yang terkumpul melalui rekening khusus bantuan bencana pada BPBD Provinsi Sumut tercatat sebesar Rp14.000.000.

Selain itu, Riadil juga melaporkan bahwa melalui Baznas Provinsi Sumut telah mendonasikan sebesar Rp100.000.000 untuk korban gempa di Lombok.

“Pengiriman bantuan kepada korban gempa Lombok direncanakan pada hari Minggu atau Senin tanggal 13 Agustus 2018,” kata Riadil.

Setelah melakukan komunikasi dengan BPBD Provinsi NTB, kata Riadil, bantuan yang dibutuhkan berupa selimut, tenda pakaian, obat-obatan dan pangan.

Pemprov Sumut untuk tahap awal, menurut dia, akan memberikan bantuan berupa kain sarung, selimut, dan obat-obatan. (LMC-02)

About Lintas Medan

Leave a Reply