Home / Politik / PDIP Pastikan Pemilihan Ketua DPD Tanpa Politik Uang

PDIP Pastikan Pemilihan Ketua DPD Tanpa Politik Uang

image_pdfimage_print
Sejumlah kader mengikuti Fit and Proper Test bakal calon Ketua DPD PDIP se Sumatera, di Medan, Selasa (17/2). (Foto:-LintasMedan/Irma Yuni)

Sejumlah kader mengikuti Fit and Proper Test bakal calon Ketua DPD PDIP se Sumatera, di Medan, Selasa (17/2). (Foto:-LintasMedan/Irma Yuni)

Medan, 17/2 (LintasMedan) – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memastikan proses pemilihan ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) mengedepankan seleksi yang objektif dan bebas dari praktik politik uang (money politik).

“Untuk memilih kader terbaik, PDIP senantiasa melakukan fit and proper test secara ketat dan obyektif,” kata Ketua DPD PDIP Sumatera Utara (Sumut), Panda Nababan pada acara pembukaan fit and proper test bakal calon ketua DPD PDIP se Sumatera, di Medan, Selasa.

Di hadapan 103 calon ketua DPD se Sumatera itu, Panda mengingatkan bahwa selektifitas dalam proses pemilihan pimpinan pengurus daerah partai berlambang banteng gemuk itu penting dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kecurangan sebagaimana intruksi Dewan Pengurus Pusat (DPP) PDIP.

Terkait dengan agenda pemilihan calon ketua DPF PDIP se Sumatera itu, pihaknya saat ini telah menjaring sebanyak 103 nama.

Dari 103 nama itu, lanjutnya, sebanyak 15 nama di antaranya mengikuti fit and proper test untuk calon ketua DPD PDIP Sumut.

Pada kesempatan itu, Panda menyampaikan apresiasi kepada DPP PDIP yang telah memberikan mandat dan kepercayaan kepada DPD PDIP Sumut sebagai tuan rumah penyelenggara pemilihan calon ketua DPD.

Uji kepatutan dan kepantasan ini menerapkan materi, antara lain aspek psikologis, karakter dan kepribadian.

“Dari hasil fit and proper test nantinya akan dapat diketahui kepribadian dari masing-masing peserta seberapa besar loyalitas maupun sikap dan kepemimpinan mereka dalam mengambil keputusan maupun melakukan pendekatan pada seluruh kader di wilayah kerjanya masing-masing,” paparnya.

Panda menambahkan, kader dan pengurus PDIP baik di tingkat pusat maupun daerah masih sangat solid dan terus bekerja untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat.

Sementara itu Ketua DPP PDIP, HM Idham Samawi mengemukakan partainya memiliki banyak kader potensial di seluruh provinsi yang memiliki sosok kepemimpinan dan mampu membesarkan parpol tersebut.

Berdasarkan database DPP PDIP, lanjutnya, saat ini sedikitnya ada 272 orang kader yang dinilai mampu menduduki posisi jabatan ketua DPD untuk 34 provinsi.

Selain itu PDIP juga mencatat sebanyak 6192 nama yang dipastikan memiliki potensi untuk memegang jabatan Ketua DPC, sedangkan untuk tingkat pengurus anak cabang (PAC) parpolnya memiliki 200 ribu orang lebih kader yang mampu menjadi pimpinan di wilayahnya masing-masing.

Sedangkan kualifikasi pengurus PDIP di tingkat seluruhnya mencapai 1.424.000.

Sehingga kata Idham berdasarkan database jumlah keseluruh kader PDIP yang potensial menduduki cabatan pimpinan mulai jenjang anak ranting hingga tingkat DPP mencapai 3.700.000 orang lebi.(LMC-02)

About Lintas Medan