Home / Medan / Pemko Medan Mutakhirkan Data Masyarakat Miskin

Pemko Medan Mutakhirkan Data Masyarakat Miskin

image_pdfimage_print

Sosialisasi PDBT 2015 di Balai Kota Medan, Jumat (29/5).(Foto:LintasMedan/ist)

Medan, 29/5 (LintasMedan) – Pemerintah Kota Medan segera melakukan Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PDBT) 2015 dalam rangka program penanggulangan kemiskinan.

“Persoalan data akan terus menjadi pekerjaan rumah kedepan, karena kerap uncul protes dari berbagai pihak yang mengatakan data masyarakat miskin penerima bantuan progra penanggulangan selalu tidak valid,” kata Sekda Medan Syaiful Bahri saat membukan sosialisasi PDBT 2015 di Balai Kota Medan, Jumat.

Dia menegaskan bahwa penanggulangan kemiskinan merupakan prioritas pembangunan baik nasional maupun provinsi dan Kabupaten/Kota, di Kota Medan.

Angka kemiskinan sebesar 9,64 persen per September 2013 ditargetkan terus menurun setiap tahunnya.

“Jadi inii bukan pekerjaan mudah, seua pihak harus memiliki komitmen dan dukungan serta sinergitas, baik dari pemerintah pusat, pemerintah kota, swasta, masyarakat dan tentunya dengan dukungan data yang valid, akurat dan up to date, diyakini semua upaya penangulangan kemiskinan dapat dilakukan secara optimal,” katanya di hadapan para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemko Medan.

Dikatakannya, berbagai program penanggulangan kemiskinan telah dikucurkan baik di klaster 1 berupa perlindungan sosial berbasis rumah, klaster 2 program pemberdayaan masyarakat berbasis kelompok, klaster 3 bantuan kredit usaha rakyat dan klaster 4 berbagai program penanggulangan kemiskinan lainnya serta berbagai bantuan perlindungan sosial seperti, Kartu Indonesia sehat, bea siswa, Jamkesmas, Raskin dan lainnya.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Medan Darwis Sitorus melaporkan, sosialisai PBDT 2015 serentak dilakukan di Indonesia mulai pertengan Juni sampai Juli 2015.(LMC-02)

About Lintas Medan