Home / Medan / PDIP Diharap Selektif Usung Calon Walikota Medan

PDIP Diharap Selektif Usung Calon Walikota Medan

image_pdfimage_print
Syamsul Hilal. (Foto:LintasMedan/ist)

Syamsul Hilal. (Foto:LintasMedan/ist)

Medan, 30/5 (LintasMedan) – Tokoh senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sumatera Utara (Sumut) H. Syamsul Hilal, berharap Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP lebih selektif menetapkan bakal calon walikota Medan yang bersaing di Pilkada 9 Desember 2015.

“Kader yang diusung dan ditetapkan sebaiknya sosok yang memiliki integritas dan populis, sehingga berpeluang merebut simpati masyarakat Kota Medan,” katanya kepada LintasMedan, Sabtu.

Ia juga menekankan, DPP PDIP agar senantiasa mengedepankan aspek objektivitas dan elektabiitas dalam menentukan kader yang akan ditetapkan menjadi calon kepala daerah.

Parameter objektivitas dan elektabilitas tersebut menurut dia dapat dihimpun dari sejauh mana pemikiran dan komitmen masing-masing kader, seperti persoalan yang dihadapi masyarakat, pemberantasan terhadap korupsi dan dinilai mampu membawa perubahan Kota Medan ke arah lebih baik.

Apalagi, lanjut mantan anggota DPRD Sumut periode 2009-2014 ini, Medan dengan jumlah penduduk sekitar 3 juta jiwa lebih kedepan dipastikan sangat membutuhkan sosok tokoh yang visioner dan mampu menerapkan pelayanan publik secara baik dan sistem pelayanan birokrasi yang lebih efisien tanpa pungutan liar (pungli).

Untuk mendapatkan sosok tokoh tersebu, ia menilai bukan sebuah hal yang mudah karena mutlak dibutuhkan kepekaan dan kejelian dari tim di tingkat DPP maupun DPD.

Syamsul juga mengingatkan proses penetapan calon kepala daerah dari partai berlambang banteng moncong putih itu harus terhindar dari kemungkinan terjadinya praktik politik uang (money politics).

Jika proses pengusungan calon sudah terkontaminasi politik uang, katanya,  kemungkinan tokoh yang diusung jika terpilih kelak akan sulit menjalankan program-program pro rakyat yang selama ini diperjuangan oleh PDIP.

Sebagaimana diketahui, menjelang Pilkada Medan 2015, beberapa kader PDIP sudah mulai melakukan sosialisasi dan pencitraan, di antaranya Hasyim SE yang juga anggota DPRD Medan dan Sekretaris DPC PDIP Medan Sastra SH MKn.(LMC-02)

About Lintas Medan