Home / Medan / Walikota Ajak Teladani Perilaku Sang Buddha

Walikota Ajak Teladani Perilaku Sang Buddha

image_pdfimage_print
Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (kiri), menyalami para pemuka Agama Buddha di sela perayaan perayaan Hari Waisak 2559 BE/2015, di Yanglim Plaza Medan, Minggu (31/5).  (Foto: LintasMedan/ist)

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (kiri), menyalami para pemuka Agama Buddha di sela perayaan perayaan Hari Waisak 2559 BE/2015,  di Yanglim Plaza Medan, Minggu (31/5).  (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 31/5 (LintasMedan) – Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin mengajak segenap umat Buddha di daerah itu agar menjadikan peringatan Waisak 2559 BE/2015 sebagai momentum melakukan refleksi diri dan meneladani nilai-nilai universal dari Dharma yang diajarkan Sang Buddha Gautama.

“Hari Raya Waisak merupakan momentum bersejarah bagi umat Buddha di seluruh dunia,” katanya pada perayaan Hari Tri Suci Waisak 2559 BE/2015, di Grand Ballroom Yang Lim Plaza Medan, Minggu (31/5) malam.

Dalam acara yang juga dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Medan itu, Eldin menuturkan, ada tiga peristiwa penting dan sakral bagi hari bersejarah dalam agama Buddha.

Tiga momentum penting itu, yakni lahirnya Siddharta Gautama, diperolehnya kesadaran agung yang dicapai Sang Buddha dan wafatnya Sang Buddha.

“Siklus kehidupan Sang Buddha inilah yang menjadi teladan bagi umat Buddha di seluruh penjuru dunia, khususnya di Kota Medan,” tambahnya.

Ia berharap, pendalaman terhadap nilai-nilai universal dalah ajaran Buddha ini dapat memberi kekuatan batin bagi umatnya dalam membina kehidupan berlandaskan moral yang kokoh, kesadaran agama yang tinggi serta kekayaan iman yang lestari.

Sejalan dengan harapan tersebut, pihaknya mengajak segenap umat Buddha di ibu kota Provinsi Sumut itu agar tetap menjaga rasa persaudaraan dan kesatuan dengan seluruh warga Kota Medan lainnya.

Sebab, kata Walikota, seluruh warga merupakan sub-sub bagian yang akan berpadu dalam memajukan pembangunan Kota Medan.

Pada acara itu, Walikota Medan Dzulmi Eldin didampingi Ketua Walubi Sumut Indra Wahidin, Ketua Walubi Kota Medan Earlnus Chen, anggota DPRD Medan Wong Chung Sen tarigan serta Ketua PSMTI Kota Medan Djono Gatimin, menyalakan lilin sebagai tanda dimulainya perayaan Hari Waisak 2559 BE/2015.

Sebelumnya Ketua Walubi Kota Medan, Earlnus Chen, mengucapkan terima kasih kepada Walikota yang telah membantu dan memfasilitasi digelarnya perayaan Hari Tri Suci Waisak sehingga berjalan dengan baik dan lancar.

“Melalui perayaan Hari Tri Suci Waisak ini, mari kita renungkan sifat-sifat luhur Sang Buddha. Semoga negara kita senantiasa Berjaya aman sentosa, rakyat sehat bahagia dan jauh dari segala bentuk bencana,” ujarnya. (LMC-02)

About Lintas Medan