Home / Medan / Pemko Medan Segera Benahi Sistem Transportasi

Pemko Medan Segera Benahi Sistem Transportasi

image_pdfimage_print

Kepala Dinas Perhubungan Medan, Renward Parapat (tengah) saat membuka Focus Group Discussion (FGD) Tataran Transportasi Lokal (Tatralok) Kota Medan di Balai Kota, Jumat (22/8).(Foto:LintasMedan/ist)

Medan, 23/8 (LintasMedan) – Pemerintah Kota Meedan melalui instansi terkait terus berupaya melakukan pembenahan dan rencana penerapan sistem transportasi yang strategis dan terukur untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Medan memang belum bisa terlepas dari ragam persoalan termasuk lalulinta sebagaimana juga melanda kota metropolitan lainnya di Indonesia. Namun kita akan terus membenahi sistemnya ke arah yang lebih baik,” kata Kepala Dinas Perhubungan Medan, Renward Parapat mewakil Plh Wali Kota saat membuka Focus Group Discussion (FGD) Tataran Transportasi Lokal (Tatralok) Kota Medan di Balai Kota, Jumat.

FGD ini digelar untuk mendiskusikan hasil dari studi yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, guna mendukung pelaksanaan kebijakan transportasi yang tepat di Kota Medan

Menurut Renward, dokumen Tatralok ini merupakan salah satu dokumen perencanaan transportasi yang komprehensif dan harus dimiliki oleh setiap kabupaten atau kota sebagaimana undang – undang dan praturan yang berlaku.

“Pemko Medan mengucapkan terima kasih atas studi dan menyusunan dokumen tataran transportasi lokal Kota Medan yang dilakukan Ballitbang Kementerian Perhubungan RI, dimana proses selanjutnya adalah penetapan legalitas Tatralok Kota Medan melalui Peraturan Wali Kota”, kata Renward..

Melalui FGD ini, dia berharap masukan dari berbagai pihak untuk penyempurnaan dokumen tatralok yang nantinya akan disusun kebijakan transportasi yang strategis dan terukur serta aplikatif untuk dapat dilaksanakan.

Dengan demikian pelayanan transportasi bagi masyarakat kota Medan dapat terlaksana dengan baik.

Kepala Pusat Litbang Transportasi Multimoda Kementrian Perhubungan RI, Zulkifli menyampaikan maksud dari studi ini adalah menyusun Sustainable Urban Transport Improvement Project (Sutip) dan Pola Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten/Kota sebagai pedoman pengaturan, pembangunan dan penyelenggaraan transportasi lokal.

“Studi yang dilakukan adalah tersedianya dokumen rencana dan program pengembangan transportasi lokal Kabupaten/Kota di satu kota. Kota Medan merupakan kota yang efektif dan efeien dalam mendukung Sutip ini.” kata Zulkifli.(LMC-02)

About Lintas Medan