Home / Medan / Edy Rahmayadi : Saya Jadi Pangkostrad Karena Pramuka

Edy Rahmayadi : Saya Jadi Pangkostrad Karena Pramuka

image_pdfimage_print

Panglima Komando Strategi Cadangan Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Edy Rahmayadi memberi motivasi saat menjadi pembina upacara pada peringatan Hari Pramuka ke-54 Tahun 2015, sekaligus penutupan Jambore Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Medan di Lapangan Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor, Minggu (30/8).(Foto:LintasMedan/ist)

Medan, 30/8 (LintasMedan) – Panglima Komando Strategi Cadangan Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Edy Rahmayadi menjadi pembina upacara pada peringatan Hari Pramuka ke-54 Tahun 2015, sekaligus penutupan Jambore Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Medan di Lapangan Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor, Minggu.

Mantan Pangdam I/BB itu memotivasi, sekaligus mengajak ribuan anggota Pramuka yang memadati lapangan upacara untuk terus menimba ilmu kepramukaan hingga dapat melanjutkan estafet kepimpinan di masa depan. Sebab, kata Edy banyak sekali manfaat yang diperoleh dari kegiatan pramuka.

“Saya bisa menjadi seperti sekarang ini (Pangkostrad) karena Pramuka. Saya dulu anggota pramuka seperti adik-adik, makanya saya mengajak adik-adik untuk terus mengikuti kegiatan pramuka. Apalagi 15 sampai 20 tahun mendatang, kalianlah yang akan menggantikan kami,” kata Pangkostrad.

Dia mengatakan dalam pramuka diajarkan pembinaan mental, fisik dan berbagai pengetahuan lainnya. Hasil pembinaan itulah yang bermanfaat sebagai bekal untuk mengisi dan memimpin pelaksanaan pembangunan di masa depan.

Pramuka kata dia merupakan kegiatan pelatihan non formal, namun tidak kalah penting karena dapat menutupi kekurangan pendidikan yang formal.

Usai menjadi pembina upacara, Pangkostrad bernyanyi bersama ribuan anggota Pramuka. ”Salam Pramuka!” katanya.

Sebelumnya Plh Wali Kota Medan Syaiful Bahri Lubis dalam sambutannya, berharap peringatan Hari Pramuka ini semakin menumbuhkembangkan sifat-sifat pembangunan jiwa dan karakter, khususnya melalui dasa darma yang menjadi pijakan gerakan pramuka, dimana ditemui konsep yang sangat mendasar tentang kecintaan kepada bansga, semangat nasionalisme, kemandirian, kreatifitas , kejujuran dan semangat bekerja keras.

“Pramuka merupakan media yang sangat cocok bagi pemuda Indonesia untuk mempraktekkan jiwa dan semangat kebersamaan. Dengan nilai-nilai moral gerakan pramuka sangat tepat untuk menciptakan kerukunan sosial di tengah-tengah masyarakat Kota Medan yang multikultural,” katanya.(LMC-02)

About Lintas Medan